131 Peserta Ikuti Kejuaraan Orienteering Nasional

25 Pemirsa

bidikdata.com| Kejuaraan Nasional Orienteering Piala Panglima TNI Terbuka ke IV Tahun 2016 diharapkan menjadi kegiatan puncak tingkat nasional tahunan yang merupakan bagian pembinaan di lingkungan TNI.

“Bagi atlet yang menjadi juara, akan diikutkan kejuaraan 50th World Military Orienteering Championship 2017 di Hamina, Finlandia,” kata Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo (Danrem Garuda Dempo Palembang) selaku Ketua Penyelenggara Kejuaraan Nasional Orienteering, melalui surel ke redaksi Kota Patriot, hari ini (22/12/2016).

Menurut Kolonel Inf Kunto orienteering adalah satu cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan menggunakan peta dan kompas, dalam melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain (point to point) di alam bebas.

“Normalnya peserta orienteering harus bergerak dengan cepat. Peserta diberi sebuah peta topografi, biasanya peta orienteering yang disiapkan secara khusus dan akan mereka gunakan untuk menemukan titik kontrol (Control Point),” kata dia.

Olahraga ini digunakan oleh kemiliteran untuk melatih kemampuan navigasi darat bagi anggota militer dan telah dikembangkan dalam banyak variasi.

“Kecepatan waktu dan kemampuan navigasi dengan menggunakan peta merupakan menjadi kunci kemenangan orienteering,” tandasnya.

Kehadiran teknologi GPS akan menjadikan orienteering dapat disiarankan secara real time di TV dan internet.

“Federasi Orienteering Internasional memiliki empat disiplin resmi yaitu Foot Orienteering, Mountain Bike Orienteering, ski Orienteering dan Trial Orienteering (Untuk Penyandang Cacat),” ujarnya.

Kompetisi orienteering diadakan untuk menguji keahlian navigasi, konsentrasi, dan kemampuan lari setiap peserta. Tingkat kebugaran dan kecepatan adalah hal-hal yang diperlukan agar peserta mampu sukses bersaing di level internasional. Agar kompetisi ini bisa berjalan secara fair, peta tidak diberikan dari awal, dan baru diserahkan kepada peserta orienteering hanya beberapa detik sebelum start perlombaan dimulai.

Kejurnas Orienteering berlangsung pada 21 Desember mendatang, yang diikuti 131 peserta perlombaan pada nomor Foot Orienteering Middle Distance/jarak menengah (individual), meliputi 40 personel TNI AD, 25 personel TNI AL, 11 personel TNI AU, 16 personel Taruna Taruni Akmil, dan 39 orang sipil dari mahasiswa, pelajar serta dari berbagai club orienteering. (KP)