75% Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Ahok

Ahok, Gubernur DKI Jakarta non-aktif
44 Pemirsa

bidikdata.com Elektabilitas bakal cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di survei yang diadakan Saiful Mujani Research Center (SMRC) tetap paling tinggi. Elektabilitas Ahok yang merupakan calon petahana ini terkait dengan tingkat kepuasan warga Jakarta.

“Sekitar 75% warga masyarakat menyatakan cukup atau sangat puas dengan kinerja Ahok, yang merupakan peningkatan 5% dari kepuasan terjadap kinerja Ahok pada survei Agustus 2016,” kata Direktur SMRC, Sirojudin Abbas hari ini (20/10/2016).

Sirojudin mengatakan bahwa jumlah responden yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja Ahok sebesar 22%.

BACA: Akhirnya, Ahmad Dhani belajar dari Ahok

“Kepuasan masyarakat ini juga tercermin dalam hal penilaian mereka terhadap kondisi sarana dan prasarana yang ada di DKI saat ini,” imbuhnya.

Penilaian warga terhadap kondisi rumah sakit/Puskesmas sebesar 92%, pelayanan di kecamatan/kelurahan 90%, gedung sekolah 90%, air bersih 89%, jaringan listrik 89, kondisi jalan 88%, kebersihan dan pengelolaan sampah 80% berada dalam kategori ‘baik/sangat baik’.

BACA: Ribuan ormas Islam demo anti-Ahok

Yang rendah hanyalah kondisi kelancaran transportasi 49%. Warga juga menyatakan puas dengan kinerja Pemprov DKI menangani banjir, menangani sampah, dan yakin dengan program beasiswa untuk keluarga miskin.

“Hanya 22% warga yang menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani kemacetan,” ujarnya.

Penelitian dilakukan pada 1-9 Oktober 2016. Populasi survei adalah warga DKI yang sudah berusia di atas 17 tahun. Dalam survei ini, jumlah sampel acak sebanyak 810 orang yang dipilih secara multistage random sampling.

Responden diwawancara secara tatap muka dan margin of error sebesar 3,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Quality control dilakukan secara random ke 20% secara random terhadap total sampel. Dalam quality control, tak ditemukan kesalahan berarti. (KP)