9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih

9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih
9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih
208 Pemirsa

Kepolisian RI menyampaikan, acara pelantikan presiden dan wapres terpilih pada 20 Oktober 2019 akan dihadiri 9 kepala negara.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan bahwa semuanya merupakan kepala negara di sekitar Asia Tenggara.

“Sudah hampir dipastikan bahwa ada sembilan kepala negara yang akan hadir, dan kemudian sembilan yang merupakan perwakilan atau utusan khusus dari negara,” kata Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Terkait pengamanan, Asep mengatakan bahwa pengamanan terhadap 9 kepala negara tersebut sebagai Operasi Waskita.

Operasi Waskita, kata dia, merupakan tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Untuk status atau pemberlakuan operasi pengamanannya terhadap 9 kepala negara itu, kita menggunakan Operasi Waskita namanya,” jelasnya.

Asep menambahkan, para kepala negara tersebut akan dijaga mulai dari datang ke Indonesia hingga pulang kembali ke negara asalnya.

Sebelumnya, Kabag Penum Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatkan, TNI-Polri telah menyiapkan pengamanan khusus bagi 9 kepala negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Adapun pengamanan akan terdiri dari 3 lapis atau 3 ring. Ring satu diberlakukan Operasi PAM Waskita dibawah tanggung jawab Paspampres, ring dua pasukan dari TNI dan ring tiga dari Polri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here