Aksi Damai Sampai Sore, Pasar Respon Positif

0
212

bidikdata.com Hingga berakhir jam kerja kantor dan penutupan bursa, kekhawatiran terhadap demo 4 November kemarin, berakhir ricuh tidak terbukti. Aksi demo yang digelar sejumlah ormas Islam sejak tengah hari seusai Salat Jumat itu berlangsung damai.

Kondisi yang kondusif ini memberikan sentimen positif terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan dan rupiah. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan Jumat, 4 November 2016 ditutup di zona hijau atau menguat 33,158 poin (0,62 persen) ke level 5.362,660. Padahal hingga siang IHSG masih bergerak di zona merah sejak dibuka melemah di level 5.310,782.

Sementara rupiah, berdasar data perdagangan dari Reuters, kurs rupiah ditutup menguat tipis ke level Rp 13.065, dari posisi pembukaan pagi tadi di Rp 13.070.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan kurs rupiah dalam level yang aman atau tidak terpengaruh signifikan oleh aksi demonstrasi besar.

“Aman-aman saja, tidak ada yang mengkhawatirkan. Kami memonitor,” kata Mirza.

Menurut dia, BI akan terus memantau pergerakan rupiah dan juga kondisi makro ekonomi lainnya. Terlebih, aksi demonstrasi sampai sore berlangsung kondusif.

Di kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan pengusaha tidak terganggu dengan aksi demo.

“Kami tenang-tenang saja. Inikan urusannya pilkada,” katanya. (KP)