Apple Investasi Rp 100M ke Indonesia

Markas Apple
98 Pemirsa

bidikdata.com| Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan nilai investasi yang ditanamkan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, untuk membangun tiga pusat riset (innovation center) di Indonesia hampir mencapai Rp 100 miliar.

“(Nilai investasi) hampir Rp 100 miliar. Ini sedang dalam proses. Desember mereka akan putuskan,” kata Airlangga, hari ini (10/12/2016).

Menurut Airlangga, terdapat empat kota yang tengah dipertimbangkan oleh Apple untuk dibangun pusat-pusat riset tersebut.

“Bisa dipilih oleh mereka sendiri. Dari empat pilihan kota tadi,” ujarnya. Sebelumnya, Airlangga mengatakan empat kota itu adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

Dalam pembukaan acara tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah ingin mendorong peningkatan inovasi. Dia bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ingin membuat regulasi yang tidak hanya berfokus pada industri perangkat keras atau hardware.

Apple Innovation Center akan didirikan di Indonesia, dengan tiga innovation center di tiga kota, salah satunya di Jakarta mulai 2017 mendatang.

Saat ini, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, persiapan pembangunan proyek tersebut sudah memasuki tahap akhir. Apple sudah menyiapkan berbagai persiapan, terutama mengenai kandungan domestiknya, serta menyampaikan komitmen investasi dari pembangunan proyek tersebut. (KP)