Beda Trotoar Jakarta Dan Surabaya Disorot Netizen

Beda Trotoar Jakarta Dan Surabaya Disorot Netizen
952 Pemirsa

Trotoar di Surabaya selain lebih cantik kini lebih nyaman dan aman untuk dilintasi para pejalan kaki. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mempercantik tata ruang kota dengan memasang bola warna-warni di trotoar. Ada puluhan bola warna-warni cantik yang berjajar rapi di pinggir jalan-jalan utama Kota Surabaya.

Warnanya yang mencolok dan sedap dipandang mata, membuat sebagian orang menyempatkan diri untuk berfoto.

“Tujuan pemasangan bola warna-warni ini sebagai pengaman bagi pejalan kaki, mencegah sepeda motor melintas di atas trotoar, sekaligus memperindah kawasan trotoar di Surabaya,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Chalid Bukhari, Rabu (14/3).

Chalid mengungkapkan, bola warna-warni ini terbuat dari beton semen yang dicetak kemudian dihias dan dipasang di sejumlah ruas trotoar. Bola dipasang di jalur pedestrian di jalan utama, seperti di sisi timur Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Adityawarman, Jalan Embong Malang, dan Jalan Blauran.

“Untuk jumlah perkiraan ada ratusan bola yang telah terpasang,” kata Chalid.

Rencananya, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di Surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna-warna yang lain.

“Nanti akan kita cat dan pasang secara bertahap dengan melihat kondisi di lapangan,” ucapnya.

Dibandingkan dengan trotoar Jakarta yang para pejalan kaki di Surabaya tentu lebih bahagia dan nyaman dibanding dengan warga di Jakarta yang trotoarnya beberapa bahkan beralih fungsi menjadi lapak pedagang kaki lima.

Fadjoel Rachman selaku Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk pernah melakukan komparasi trotor Surabaya dan Jakarta tersebut dengan menuliskan cuitannya di akun twitter @fadjroeL, Sabtu (30/12/2017)

Dalam cuitannya tersebut, mantan aktivis mahasiswa itu juga melengkapi sebuah unggahan berupa foto trotoar di Surabaya

“Trotoar di Kota Surabaya lebar bersih dan tanpa…. ah sudahlah nasib orang Jakarta. Selamat pagi Surabaya.” tulisnya

Netizen yang mengetahui cuitan tersebut sontak membalas

@wahyonokuP: Pagi bang @fadjroeL, Surabaya makin tertata bersih , rapih, PKL diberikan tempat yg layak!

@alun190885: bndingin yg bru berapa bulan sama yg thunan..yaelah bang setidak nya lw tdk suka sama gubernur yg sekarang tp jgn sampai hilang narasi logika akal sehat..lw kritik yg mmbangun lah.

@mamadudut: I love bu risma.. sy warga sby setiap pulang sll kagum sm perubahan2 galak2 bu risma dicintai rek soalnya utk kebaikan,galak mah penting!

@ahdiyat_78: padahal katanya jkt pernah di pimpin orang2 hebat..?

@NurusSolichah: Pagi bang fadjroel,mudah2an jkt jg semkn teratur dan rapih,terutama tnh abangnya kok rasanya complicated banget,dan jg semoga pemimpinnya amanah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here