BI Kembangkan Ekonomi Digital di Indonesia

0
57
BI Kembangkan Ekonomi Digital di Indonesia
BI Kembangkan Ekonomi Digital di Indonesia

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menegaskan Indonesia sedang berupaya mendorong pengembangan ekonomi digital sebagai sarana meningkatkan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Indonesia sebagai negara berkembang memiliki banyak keuntungan dari ekonomi digital sehingga hal tersebut menjadi fokus BI saat ini.

Langkah pertama yang bakal dioptimalkan adalah menjadikan ekonomi digital sebagai sarana untuk meningkatkan kelas serta keuntungan para pelaku UMKM.

Pengembangan ekonomi digital akan berimplikasi positif jika masyarakat diberikan pelatihan memadai tentang teknologi digital sehingga diperlukan peran aktif masyarakat dan pihak terkait agar target dari ekonomi digital dapat tercapai.

“Untuk banyak negara berkembang termasuk Indonesia ada banyak keuntungan dari digital ekonomi untuk mengangkat keuntungan dari UKM. E-commerce,” kata Perry dalam acara ‘Joint Bank Indonesia-Federal Reserve Bank of New York Central Banking Forum’, di Conrad Hotel, Bali, Rabu (10/10/2018).

Menurut Perry, jika pelaku usaha kecil dapat didorong ke pasar digital, maka hal tersebut akan sangat membantu peningkatan kapasitas ekonomi.

“Untuk Indonesia ini hal yang menjadi fokus kita sekarang, bagaimana mendorong startup dari para pelaku UKM lokal,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia juga akan mendorong pemanfaatan ekonomi digital untuk mengerek inklusi keuangan. Meskipun demikian, kata Perry, Bank Indonesia serta instansi terkait tetap akan mengawasi serta mengatur melalui berbagai regulasi.

“Inklusi finansial tanpa menimbulkan shadow banking. Itu juga arah yang kita tuju. Otoritas finansial, bank Indonesia, melakukan joint regulasi, joint office untuk membuat regulasi sandbox,” paparnya.

Selain itu, Bank Central juga akan menggunakan lebih banyak uang elektronik, bersama Pemerintah untuk transfer program bantuan sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here