Blackberry Terbaru Dirakit di Cikarang Bekasi

Salah satu toko ponsel menjual Blackberry
108 Pemirsa

bidikdata.com Ponsel pintar BlackBerry Android terbaru yang nanti beredar di Indonesia, dikabarkan akan diproduksi di pabrik milik Tiphone di Cikarang, Kabupaten Bekasi. BlackBerry Limited dan PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk (TELE) telah sepakat bikin perusahaan patungan alias joint venture (JV).  Bersama BlackBerry, Tiphone membuat sebuah perusahaan joint venture yang dinamakan PT BB Merah Putih.

Melalui perusahaan itu, mereka akan memproduksi BlackBerry Android di pabrik Delta Silikon, Cikarang. Pabrik ini yang menempati area seluas 7.000 meter persegi di fase pertama itu akan memiliki kapasitas enam lini produksi dengan 300.000 unit smartphone per bulan pada enam bulan pertama.

Rencananya, BB Merah Putih yang akan bertanggung jawab untuk memproduksi dan juga memasarkan produk dengan label “BlackBerry” di Indonesia.

Pabrik ini dioperasikan PT Adi Reka Mandiri dimana kepemilikannya dikuasai TiPhone dan perusahaan manufaktur elektronik asal Taiwan, Arima Communication Corporation. TiPhone sendiri di Indonesia, sebagian sahamnya dikuasai oleh PINS Indonesia, anak usaha Telkom.

Corporate Secretary TELE, Semuel Kurniawan, mengklaim bahwa bentuknya akan sangat bagus untuk ukuran smartphone kelas menengah.

“Bentuknya bagus. Untuk pasar mid-end. Harganya nanti di bawah Rp 3 juta,” ungkap Semuel. (KP)