Bravo! Pasukan Garuda PBB Naik Pangkat

825 Pemirsa

bidikdata.com Pasukan Garuda yang tengah melaksanakan misi perdamaian PBB di Darfur Sudan, mendapat kenaikan pangkat.

Ke-94 pasukan Garuda yang naik pangkat satu tingkat itu, merupakan Satgas Batalyon Komposit TNI Konga 35B/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indonesian Battalion (Indobatt-02).

Upacara kenaikan pangkat prajurit, yang terdiri dari 3 (tiga) orang Perwira, 1 (satu) orang Bintara dan 90 orang Tamtama baik dari Matra Darat, Laut dan Udara tersebut, digelar secara kemiliteran, dan dipimpin langsung oleh Komandan Satgas Indobatt-02 Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto di Lapangan Markas Indobatt-02 Supercamp, Darfur-Sudan.

“Dengan adanya kenaikan pangkat, maka tugas dan tanggung jawab yang diemban juga semakin besar,” kata Singgih Pambudi.

BACA: Tampil beda, puncak HUT TNI 2016 tanpa parade militer

Pihaknya memberi apresiasi kepada para personel yang mendapatkan kenaikan pangkat secara istimewa, karena upacara kenaikan pangkat dilakukan di daerah tugas luar negeri.

“Semoga kenaikan pangkat ini jadi motivasi prajurit sebagai seorang peacekeepers,” kata Komandan Satgas.

Satgas Batalyon Komposit TNI Konga 35B/Unamid atau Indobatt-02 berjumlah 800 personel, mayoritas berasal dari Kodam VI/Mulawarman. Ini merupakan satgas kedua TNI yang bertugas untuk misi PBB di Darfur Sudan.

BACA: Memprihatinkan, dua sandera WNI masih ditahan Abu Sayyaf

Dalam pelaksanaan tugasnya, pasukan Indonesia ditempatkan di dua UN Camp, yaitu Markas Batalyon beserta Kompi Bantuan, 3 Kompi Senapan yang berada di Supercamp Secwest Unamid di El Geneina dan 1 Kompi Senapan Berdiri Sendiri berada di Masteri Camp dengan jarak lebih kurang 70 km dari Supercamp El Geneina. (KP)