Demokrat Sebut Prabowo Terima Hasil Pilpres 2019 Jika Tidak Gugat ke MK

Demokrat Sebut Prabowo Terima Hasil Pilpres 2019 Jika Tidak Gugat ke MK
130 Pemirsa

Setiap kontestan Pilpres 2019 berhak mengajukan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Karena merupakan hak, maka Kontestan Pilpres 2019 tidak bisa dipaksa untuk mengajukan gugatan Pemilu.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan terkait sikap Capres 02 Prabowo Subianto yang menolak hasil Pilpres 2019.

Hinca menilai, hasil Pemilu menjadi sah jika hak mengajukan gugatan ke MK tidak digunakan oleh kubu Prabowo-Sandi. Maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan sosok pemenang Pilpres 2019.

“Kalau digunakan, dia ke MK, kalau tidak digunakan berarti selesai. Dan jika kemudian dia tidak gunakan haknya maka putusan KPU itu final,” ujarnya di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (18/5).

Demokrat sebagai salah satu partai koalisi, kata Hinca, menyarankan agar pihak yang keberatan atas penghitungan suara Pilpres 2019, menempuh jalur sesuai hukum dengan mengedepankan langkah konstitusional daripada cara-cara pengerahan massa yang mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban negara.

“Partai Demokrat itu didirikan berbasiskan konstitusi dan UU. Apa yang disepakati tangga-tangga itu, kami tertib. Itu lah demokrasi,” ucap dia,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here