Destinasi Pariwisata Indonesia Meningkat, Direct Flight Bikin Wisman Senang

0
479

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi destinasi Wonderful Indonesia mencapai 1,14 juta wisatawan. Itu sama dengan peningkatan 7,09% dibandingkan periode bulan sebelumnya. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, kenaikannya tercatat hingga 26,75%.

Setelah Cina, negara kedua asal turis asing yang paling banyak mengunjungi Indonesia pada April 2017 ialah Singapura, yakni 127,1 ribu orang (12,71 persen). Kemudian, turis asal Malaysia sebanyak 118 ribu orang (11,8 persen), Australia sejumlah 95,7 ribu orang (9,57 persen) dan India sebanyak 39 ribu orang (3,91 persen).

Perluasan pemasaran destinasi wisata Indonesia pun diharapkan terus dilakukan oleh pemerintah untuk menarik minat kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari negara lain.

Data BPS mencatat Bandara Ngurah Rai, Bali menjadi pintu masuk utama wisman sepanjang April, mencapai 474,6 ribu kunjungan. Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan Batam, menyusul di posisi selanjutnya, dengan masing-masing sebanyak 211 ribu dan 134 ribu kunjungan.

Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia pun mayoritas masih masuk dari 19 pintu utama. Besarannya mencapai 994,13 ribu kunjungan. Sementara para wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia dari luar 19 pintu utama, ada 148,05 ribu kunjungan.

Wisatawan mancanegara paling banyak masuk ke Indonesia pada April 2017 melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Jumlahnya 474.610 kunjungan. Sedangkan untuk Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dan Bandara Hang Nadim, Batam, masing-masingnya sebanyak 474.610 dan 134.218 kunjungan.

Sementara itu, terjadi kenaikan yang cukup signifikan atas kunjungan wisman di Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, dengan persentase sebesar 312 secara year on year, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini, memang karena adanya penerbangan langsung ke China.

Selain di Manado, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara signifikan juga terjadi di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kalau di Bandara Lombok, kenaikannya 127 persen. Karena ada pengembangan bandara, penerbangan dari Malaysia dan Brunei Darussalam juga meningkat.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan, peningkatan kunjungan wisman pada April 2017 ini semakin menguatkan keyakinan akan tercapainya target 15 juta wisman sampai akhir tahun ini.

“Tiap bulan mengalami peningkatan yang signifikan. Ini semakin memantapkan keyakinan target 15 juta wisman tahun ini dan 20 juta wisman 2019 akan tercapai,” kata Arief.

Untuk itu, Pemerintah disarankan bisa terus membuka penerbangan langsung (direct flight) ke berbagai kota tujuan pariwisata di Indonesia. Pasalnya, penerbangan langsung terbukti dapat mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan sektor pariwisata saat ini tengah didorong untuk menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, penting untuk mempromosikan daerah-daerah pariwisata lewat penerbangan langsung.

“Kalau ada direct flight, ongkos pasti lebih murah, waktu akan lebih efisien, dan wisatawan juga lebih senang karena tidak lelah transit,” kata Suhariyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here