Direktur Pelaksana IMF Memuji Ekonomi Indonesia di Era Presiden Jokowi

0
144
Direktur Pelaksana IMF Memuji Ekonomi Indonesia di Era Presiden Jokowi
Direktur Pelaksana IMF Memuji Ekonomi Indonesia di Era Presiden Jokowi

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memuji perekonomian Indonesia yang dikelola sangat baik oleh Presiden Joko Widodo dan jajarannya.

Lagarde menilai, pengelolaan ekonomi Indonesia dilakukan dengan optimal melalui koordinasi antara pemerintah, BI, dan pihak-pihak terkait.

Karenanya, ia menyebut Indonesia tidak membutuhkan pinjaman dari IMF.

“Pinjaman dari IMF bukan pilihan, karena ekonomi Indonesia tidak membutuhkannya. Ekonomi Indonesia dikelola dengan sangat baik oleh Presiden Jokowi, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan rekan-rekan mereka,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/10/2018).

Pertemuan Tahunan IMF-World Bank yang diselenggarakan pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali ini merupakan pertemuan tahunan yang dilakukan di Washington DC, markas IMF-World Bank. Namun, tiga tahun sekali, pertemuan akan digelar di negara-negara anggota.

Untuk itu, Lagarde mengapresiasi Indonesia yang tidak membatalkan penyelenggaraan acara, di tengah bencana gempa bumi dan tsunami yang dihadapi Lombok dan Sulawesi Tengah.

“Kami berbelasungkawa kepada mereka yang selamat, kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai, dan kepada seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Sri Mulyani menuturkan tujuan Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali bukan untuk menarik utang baru kepada dua lembaga internasional tersebut.

“Kami tidak sedang meminjam ke IMF. Saya tegaskan, event ini tidak akan ada pengajuan pinjaman ke IMF,” terang dia.

Pemerintah, sambung dia, tidak mengajukan utang baru ke IMF karena lembaga itu hanya memberikan bantuan pinjaman kepada negara-negara yang sedang dilanda krisis.

“IMF hanya memberikan pinjaman bagi negara yang mengalami krisis pada neraca pembayarannya dan Indonesia saat ini dalam kondisi yang baik,” jelas Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here