Djarot Dorong Revitalisasi PDAM Sumut

Djarot Dorong Revitalisasi PDAM Sumut
56 Pemirsa

Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengunjungi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari, Jalan Gunung Sinabung Marcapada, Kota Binjai.

Djarot melihat pembangunan proyek intake air minum dan bendungan. Menurutnya, pembangunan bendungan masih jauh dari kata rampung.

Cagubsu nomor urut 2 yang berpansangan dengan Sihar Sitorus ini mengatakan, harus ada percepatan pembangunan akses air bersih. Karena, air merupakan kebutuhan primer. Apalagi bendungan berperan memasok kebutuhan air minum di tiga kabupaten/Kota yakni, Medan, Binjai dan Deli Serdang.

“Ketersediaan air bersih di Deli Serdang masih 11 persen, Binjai 29 persen dan Medan 75 persen perlu kita genjot lagi,” ujarnya di sela-sela kunjungan, Jumat (4/5/2018).

Padahal kata Djarot, di Sumatera Utara ketersediaan air baku masih sangat banyak.

“Perlu digandeng pemerintah daerah. Misalnya ada PDAM yang membawahi tiga kota seperti Tirtasari ini yang menangani Binjai, Deli Serdang dan Medan maka di situ provinsi bisa masuk,” katanya.

Menurut Djarot, bila penanganan PDAM masih melalui APBD dan APBN masih terkesan lambat. Menurutnya,perlu dilibatkan BUMD dan BUMN untuk bekerja sama.

“Pak Jokowi telah menjalankan sistem PKBU bekerja sama dengan badan usaha milik pemerintah,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here