Djarot Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara 6 Persen Bila Prioritaskan Sektor Ini

0
68
Djarot Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara 6 Persen Bila Prioritaskan Sektor Ini

Calon Gubernur No. 2 Djarot Saiful Hidayat optimistis kondisi perekonomian di Sumatera Utara (Sumut) akan bergairah. Hal itu seiring potensi daerah Sumut dari sisi pariwisata dan letak geografisnya yang strategis di jalur perdagangan. Tentunya juga didorong dengan infrastruktur pembangunan yang berkesinambungan.

Dia mengungkapkan, sektor yang menjadi prioritas pasangan yang diusung PDIP dan PPP itu adalah di bidang pariwisata. Sektor ini dimunculkan mengingat pola konsumsi masyarakat saat ini sudah berubah. Lebih condong dan mengarah ke pariwisata dan kuliner.

“Program prioritas ini sejalan dengan pemerintah pusat, untuk mendorong sektor pariwisata dan meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Djarot, seusai menghadiri acara Musrenbang Provinsi Sumut Tahun 2018 di Santika Hotel, Kamis 12 April 2018.

Dengan peningkatan diberbagai sektor, melalui program yang telah disiapkan, Djarot percaya target pertumbuhan ekonomi (PE) di Sumut tak hanya menyentuh di angka 5,5%. Namun juga bisa mencapai 6%.

“Optimistis PE Sumut bisa di angka 6%. Infrastruktur dan kondisi perekomian daerah ini sangat baik,” ujarnya.

Dia mengatakan, letak strategis di jalur perdagangan juga menjadi nilai lebih untuk menjadikan Sumut sebagai provinsi pelopor ekspor. Melalui peningkatan ekspor tersebut, bisa mendongkrak capaian devisa Sumut.

“Jika jalur perdagangannya sudah terbuka, beberapa kota di sekitar Sumut nantinya akan ekspor melalui kita. Makanya kami ingin menjadikan Provinsi Sumut sebagai pelopor ekspor,” kata Djarot.

Selain itu, peningkatan devisa Sumut, juga didukung dari sektor investasi. Dia menilai, harus ada regulasi dalam memudahkan pengusaha maupun para investor untuk berinvestasi di Sumut. Karena dampaknya akan sangat baik untuk pembangunan dan perekonomian.

“Sumut harus terbuka dengan berbagai investasi. Apalagi sumber daya alam kita mendukung untuk itu,” ucapnya.

Kedatangan Djarot dalam Musrenbang tidak sendiri, dia didampingi pasangannya Sihar Sitorus. Musrenbang ini perlu diikutinya mengingat membicarakan rencana kerja tahun 2019. Penyusunan APBD 2019 juga dimulai dari Musrenbang tersebut.

“Apa yang ada di RPJMD ini sama dengan yang akan saya kerjakan. Kami ingin membangun Sumut yang mandiri dan berkepribadian. Dengan bisa mandiri, maka berbagai sektor bisa untuk dikembangkan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here