Erdogan Puji Indonesia dalam Penanganan Terorisme

90 Pemirsa

bidikdata.com -Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki telah menangani lebih dari 5000 simpatisan ekstrimis yang masuk ke wilayahnya. Beberapa dari mereka berasal dari Asia Tenggara.

Namun demikian, Erdogan tetap memuji penanganan terorisme yang dilakukan Indonesia selama ini. Karena itu, Erdogan ingin meningkatkan kemitraan dengan Indonesia dalam menghadapi tantangan terorisme dan radikalisme.

Erdogan menegaskan, segala bentuk terorisme harus dilawan karena telah menghancurkan ketenangan di negara itu. Ia menyebut, organisasi seperti ISIS dan Fethullah Gullen menyalahgunakan agama bagi kepentingan mereka.

“Kami terus bertekad melakukan perjuangan melawan teroris, kita memasuki era di mana harus waspada,” tegasnya dalam keterangan persnya seusai pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di White Palace Ankara, Kamis (6/7).

Erdogan mengatakan bahwa pentingnya kerja sama pertukaran informasi intelijen dengan Indonesia. Dengan begitu, Erdogan berharap kelompok ekstrimis radikal dapat di enyahkan dari kedua negara lewat kerja sama yang baik.

“Indonesia adalah negara yang sangat paham menghadapi terorisme,” katanya.

Mengenai pemberantasan terorisme Indonesia-Turki telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama terutama terkait dengan FTF (Foreignt Terrorist Fighters) melalui kerja sama bidang informasi intelijen.

Presiden Jokowi mengatakan akan memudahkan kedua negara untuk bekerja sama dalam rangka memberantas terorisme.

Tahun lalu, Erdogan telah bersumpah akan membuat teroris bertekuk lutut setelah kawasan Ibu Kota Ankara diguncang bom mobil.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Erdogan, mengutuk para pelaku serangan bom. Dia menyerukan persatuan nasional untuk mencegah serangan serupa di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here