Ganjar Pranowo Canangkan Program SMK Gratis

108 Pemirsa

Bidikdata – Ganjar Pranowo menjawab tantangan dan mimpi besar untuk menyiapkan bangsa yang maju di masa depan. Ganjar yang juga Calon Gebernur Jawa Tengah ini mengambil terobosan penting untuk menyediakan generasi muda yang berpendidikan.

Hal ini dia lakukan guna menghindarkan generasi muda dari bahaya putus sekolah, jauh dari pendidikan.

Terobosan tersebut tak lain adalah pengadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis yang dikenal sebagai SMK Jateng.

Seperti diketahui, sekolah ini mulai dibuka sejak 23 Agustus 2013 oleh Ganjar Pranowo. Tujuan sekolah kejuruan ini jelas untuk menyasar para pelajar dari kalangan keluarga miskin.

SMK Jateng ini telah hadir di tiga kota antara lain: Semarang, Pati dan Purbalingga. Terobosan ini sangat berhasil. Sekolah kejuruan ini menjadi pilihan pertama warga miskin menyekolahkan anak-anak mereka.

Selain karena gratis, sekolah ini mampu dan berhasil menunjukkan kualitas dalam pengajarannya. Adapun output lulusannya menorehkan prestasi. Misalnya, SMK Jateng pernah menjadi pemuncak ujian nasional (UN) kategori SMK se-Jateng. Tujuh siswa SMK Jateng tercatat meraih nilai 100 pada UN mapel matematika.

Wakil Kepala Humas SMK Negeri Jawa Tengah, Suyoto, menyebut bahwa anak didiknya selalu menjadi rebutan sejumlah perusahaan. Bukan para siswa yang mencari pekerjaan, melainkan pimpinan-pimpinan perusahaan besar di Jateng yang rebutan tenaga kerja berkualitas mereka.

“siswa SMK dengan kualitas tinggi yang dihasilkan SMK Jateng ini membuktikan bahwa siswa dari keluarga miskin mampu bersaing jika mereka mendapat akses pendidikan yang setara,” kata Suyoto.

Diakuinya, Ganjar Pranowo telah membuktikan betapa pentingnya pemerataan pendidikan untuk memastikan kemerataan kecerdasan dan terutama kemerataan kesempatan di dunia pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here