Gus Sholah Sosok Mengayomi Semua Golongan

23 Pemirsa

Jember – Indonesia kehilangan salah satu ulama kharismatik, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, pada Minggu malam, (2/2/2020) sekitar pukul 20.55 WIB.

Semasa hidupnya, Gus Sholah dikenal sebagai sosok sederhana yang mengayomi semua golongan. Gus Sholah tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama, tapi juga pejuang Hak Azasi Manusia (HAM).

Hal tersebut diungkapkan Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Maman Imanulhaq, di Majalengka, Senin (3/2/2020).

“Kita semua sangat kehilangan sosok Gus Sholah yang sederhana dan mengayomi,” ungkap Kang Maman, sapaan akrbanya.

Kang Maman mengaku pernah sekali ia bertemu Gus Sholah di Bandara Juanda Surabaya. Saat itu Gus Sholah tanpa pengawalan menyalami dan mau diajak ngobrol dengan semua kalangan.

“Saya sering ketemu kalau di Surabaya beliau naik pesawat Citilink tanpa pengawalan dengan ramah menyelami dan menerima ngobrol dengan banyak kalangan,” kata anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Kang Maman menjelaskan, setiap kali bertemu Gus Sholah selalu memberikan nasihat kepadanya agar terus istiqomah memperjuangkan kepentingan umat.

“Betul-betul kita kehilangan sosok panutan yang punya prinsip yang lurus bagaimana bangsa ini berjalan lebih baik,” imbuhnya.

Kang Maman yang juga pengasuh Ponpes Al-Mizan, Jatiwangi, Majalengka ini pun bercerita, semasa hidup, Gus Sholah yang merupakan lulusan arsitektur ITB itu, pernah suatu waktu berdiskusi dengannya tentang manajemen pondok pesantren yang baik.

“Menurut beliau (Gus Sholah) Pondok pesantren itu harus rapi, harus bersih, nyaman. Sekali lagi kami dan seluruh bangsa ini sangat kehilangan seseorang Gus Sholah,” ujarnya.

Diberitahukan sebelumnya, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) meninggal dunia di rumah sakit Harapan Kita Tangerang Banten, pada Minggu malam 2 Februari 2020 sekitar pukul 20.55 WIB.

Sebelum di terbangkan ke Jombang untuk dimakamkan di kompleks Ponpes Tebuireng, Jenazah Gus Sholah disemayamkan di rumah duka di Jalan Tendean nomor 2, Jakarta Selatan. Rencananya almarhum Gus Sholah akan dimakamkan pukul 16.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here