Imigrasi Bandara Soetta Tolak Puluhan WNA Bermasalah Menjelang Asian Games 2018

0
91
Imigrasi Bandara Soetta Tolak Puluhan WNA Bermasalah Menjelang Asian Games 2018
Imigrasi Bandara Soetta Tolak Puluhan WNA Bermasalah Menjelang Asian Games 2018

Segala potensi ganguan keamanan menjelang Asian Games 2018 bisa saja terjadi. Aparat Kepolisian dan TNI sudah memastikan akan mengamankan jalannya pesta olahraga empat tahunan yang di gelar di Palembang dan Jakarta.

Tak hanya Polri dan TNI, pihak Imigrasi Bandara Soekarno Hatta juga memperketat pengamanan agart tidak ada warga negara asing (WNA) berkunjung ke Indonesia melakukan berbagai modus kejahatan.

Salah satunya dengan mewaspadai adanya WNA yang secara diam-diam menyusup ke rombongan para tamu negara. Hal ini dilakukan untuk meredusir potensi ancaman kemanan dalam negeri pada penyelenggaraan pertandingan olahraga yang melibatkan kehadiran berbagai negara.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Enang Supriyadi Syamsi menyatakan, dalam sepekan terakhir, pihaknya telah menolak puluhan WNA bermasalah yang datang melalui Bandara Soetta.

“Dalam satu pekan hingga hari ini, kami sudah tangani 24 WNA bermasalah dengan berbagai modus. Paling banyak menggunakan paspor palsu,” jelas Enang di Tangerang, Sabtu (11/9/18).

Seblumnya pada Jumat, 10 Agustus 2018, petugas Imigrasi Bandara Soetta mengamankan seorang pria berkewarganegaraan China. WNA tersebut kedapatan menggunakan paspor Meksiko palsu untuk masuk ke Indonesia.

“Bahwa saat yang bersamaan dengan momen Asian Games 2018 ini, kami Imigrasi Indonesia tetap mewaspadai masuknya WNA yang bermasalah,” tegas dia.

Dalam pengawasan WNA di Bandara Soetta, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi, yakni interpol, bea cukai dan karantina atau Customs, Immigration, Quarantine (CIQ).

“Kami bekerja sama dengan Interpol dan CIQ. Untuk menghindari adanya modus modus WNA gelap yang memanfaatkan momen mengingat, saat ini banyak para tamu dari luar negeri yang akan tiba di Indonesia,” kata Enang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here