Ini Langkah Ganjar-Yasin dalam Menurunkan Angka Kemiskinan di Jateng

201 Pemirsa

Bidikdata – Persoalan kemiskinan memang akan selalu menjadi masalah dalam kehidupan. Namun bukan berarti kita hanya diam saja tanpa berbuat sesuatu yang baik untuk merubah itu semua. Sehingga keimiskinan tak lagi menjadi sumber persoalan.

Nah, untuk mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah pasangan Cagub dan Cawagub Jateng nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin akan mengusung program bernama Ekotren untuk mengentaskan kemiskinan.

Apa itu Ekotren?

Ekotren adalah program pengurangan angka kemiskinan yang menyesuaikan ekonomi tren masa kini.

Gus Yasin menuturkan akan membangun sentra penyuplai warung kelontong atau disebut kulakan di kabupaten dan kota wilayah Jawa Tengah. Menurutnya, pembangunan lokasi penyuplai paling strategis di seputaran masjid atau pondok pesantren.

“Satu sentra, setidaknya akan membawahi 100 warung kecil di sekitar lokasi inti,” ungkap dia saat berkunjung ke kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang, Jalan Ahmad Yani, Kota Semarang, Kamis (22/3/18).

Lebih jauh dijelaskan Gus Yasin, satu sentra penyuplai nantinya akan dapat mempekerjakan lima orang. Nah dari sisi perekonomian, tambah dia, satu sentra kulakan bisa membantu 105 orang.

“Itu baru satu, kami ingin bangun 100-500 sentra kulakan di seluruh wilayah di Jateng,” bebernya.

Lewat program Ekotren ini Gus Yasis sangat optimis Ekotren mampu menjadi solusi dalam mengentaskan kemiskinan.

Ia berharap, program itu bisa mengembangkan cara pandang masyarakat tentang kewirausahaan. Contohnya ketika Pondok Pesantren Sarang, Rembang memasuki masa libur, perekonomian turun 30 persen.

Maka melalui program Ekotren nantinya, masjid maupun pondok pesantren atau sentra kulakan lain diharapkan bisa mandiri.

“Tidak hanya itu, tapi juga menghidupi lingkungan sekitarnya. Contohnya, saat para pengusaha UMKM bingung memasarkan produknya, bisa melalui ekotren,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here