Istana Wakil Presiden Berencana Melakukan Langkah Hukum untuk Akun Pemfitnah Wapres

0
369

Bidikdata.com, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Jusuf Kalla, melalui juru bicaranya Husain Abdullah telah melakukan klarifikasi bahwa tudingan akun twitter laskar cikeas yang baru berusia 5 bulan ini adalah Fitnah. Fitnah yang dimaksud Husain adalah kultwit dan info grafis akun tersebut yang menuding peran Wapres JK dalam “mengatur” vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Padahal menurut Husain fakta-fakta yang diajukan akun tersebut berupa foto wapres bersama Ketua MA terbukti palsu dengan melingkari seseorang yang ternyata bernama Ibnu Munzir (Anggota DPR asal Sulawesi Barat) yang disebutnya sebagai Hatta Ali (Ketua MA). Saat ini Husain sedang melakukan konsultasi di internal kantor Wakil Presiden untuk menentukan langkah selanjutnya yakni, mengambil upaya hukum atau tidak.
Alasan konsultasi itu dilakukan karena untuk mendapatkan informasi mengenai upaya hukum terhadap keberadaan akun yang dinilai anonim tersebut. “Karena akun itu enggak jelas siapa pemiliknya. Sepertinya akun samaran yang sengaja dibuat,” ujar Husain seperti dikutip dari okezone.

Dari penelusuran tim Bidik Data, akun LaskarCikeas dengan id twitter 805663748388257792 ini dibuat pada bulan Desember 2016 segera setelah Demo Akbar 212, sebagai akun khusus untuk memfitnah peran cikeas dalam demo-demo akbar umat muslim di Ibukota. Akun ini pertengahan Januari 2017 jumlah followernya masih 3262 (per 24 Januari 2017) dan 6,788 (per 10 Pebruari 2017) dan saat ini telah meningkat menjadi 9.316.

Cuitan-cuitan akun Laskar Cikeas – tidak sesuai namanya –  justru sejak awal memojokkan dan berperan untuk “menguliti” peran tokoh-tokoh Partai Demokrat dalam pergerakan demo-demo terhadap Kasus Penistaan Agama Ahok tentunya dengan data-data sepihak yang hampir dipastikan adalah hoax atau fitnah, seperti kultwit Antasari Ashar Mengungkap Tabir Rekayasa Gurita Cikeas.

Peran akun-akun yang di mention oleh akun Laskar Cikeas ini secara signifikan mendongkrak popularitas akun newbie ini sebagai selebriti baru jagat twitter Indonesia. Tentunya bilamana akun-akun influencer yang di mention setuju akan diretweet dan memberi iklan berupa impressi yang cukup signifikan atas segala cuitan akun ini.

Hingga saat ini jumlah cuitan laskar cikeas yang berhasil direkam tim bidikdata berjumlah 1136 dari total 1551 tweet yang pernah dicuitkan akun palsu tersebut. Jumlah 73% dr total cuitan tentunya cukup menggambarkan visi misi sebenarnya yang diemban oleh akun tersebut yang secara jelas dengan gaya seolah investigatif namun sangat absurd dan bias dalam menjabarkan data dan fakta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here