Jokowi Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem pada Produksi Pangan

0
235
Jokowi Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem pada Produksi Pangan

Beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana alam mulai banjir, longsor, hingga Gunung Agung meletus. Selain itu kemunculan siklon tropis Cempaka dan Dahlia mengakibatkan peningkatan hujan lebat, gelombang tinggi, dan angin kencang di beberapa wilayah.

Oleh karena itu Presiden Joko Widodo mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait dengan cuaca ekstrem yang sedang terjadi di sejumlah wilayah.

“Tingkatkan kewaspadaan karena cuacanya ekstrem. Hujan lebat, angin kencang, dan juga ada gelombang tinggi, semuanya hati-hati,” kata Presiden di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (2/11/17).

Jokowi juga meminta kesiagaan tinggi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas dan jajaran terkait lainnya baik di pusat maupun daerah untuk segera mengantisipasi kondisi ini.

“Waspada dan bantu masyarakat apabila ada bencana, secepatnya!” ujarnya.

Selain itu, Presiden mengingatkan agar antisipasi dilakukan sedini mungkin untuk mencegah produksi bahan pangan dan jalur distribusi logistik menjadi terputus.
Mantan Wali Kota Solo ini pun memerintahkan kementerian terkait agar mengantisipasi jangan sampai bencana menjadi kenaikan harga pangan.

“Produksi pangan sampai sekarang belum ada masalah tapi ini sudah bulan Desember, masih ada bulan Januari dan juga jalur-jalur logistik jangan sampai putus, betul-betul diantisipasi dan diwaspadai,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here