Kemenhub Reaktivasi Empat Jalur Kereta Api di Jawa Barat

0
58
Kemenhub Reaktivasi Empat Jalur Kereta Api di Jawa Barat
Kemenhub Reaktivasi Empat Jalur Kereta Api di Jawa Barat

PT Kereta Api Indonesia akan menghidupkan kembali (reaktivasi) jalur kereta api di Jawa Barat. Ada empat jalur yang akan dihidupkan kembali yaitu lntas Cianjur – Padalarang, lintas Bandung – Ciwidey, lintas Rancaekek – Tanjungsari, lintas Banjar – Pangandaran – Cijulang, dan lintas Cibatu – Garut – Cikajang.

Bisa dibilang lintas KA tersebut banyak yang mati suri. Padahal jalur selatan tersebut merupakan rute pertama perjalanan KA yang berkembang dan dibangun sejak penjajahan Belanda.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menilai, reaktivasi jalur kereta dipandang akan menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi, terutama yang selama ini menggunakan jalur darat yang kerap macet.

Harapannya, dengan kereta ini, warga selatan Bandung juga akan lebih mudah dan cepat sampai pusat kota atau sebaliknya.

Menurutnya, daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api juga dinilai bisa menumbuhkan perekonomian karena ada pergerakan orang dan barang, sehingga akses akan semakin mudah.

“Proyek reaktivasi ini diharapkan mampu selesai, dan dapat langsung terintegrasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung,” katanya di Kertajati, Jawa Barat, Sabtu (3/11/2018).

Selain itu, lanjut Zulfikri mengtakan, akan dibangun stasiun-stasiun baru di titik-titik wisata, perumahan, ataupun di titik- titik keramaian, untuk memecah kepadatan.

Zulfikri menambahkan, saat ini pemerintah pusat dan daerah Jawa Barat masih mempersiapkan sumber dana untuk mulai mengaktifkan lagi jalur tersebut. Selain APBN, pemerintah juga akan mencari dana pinjaman.

“Kita sangat mendukung makannya kita akan mengaktifkan semua sumber dana dari APBN, korporasi maupun pihak-pihak yang lain,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, kebutuhan transportasi jalur KA tersebut kian mendesak. Sebab pertumbuhan industri di kawasan tersebut juga terus bertumbuh, misalnya industri air mineral.

Untuk Cianjur ke Padalarang terakhir 2013, kemudian tidak beroperasi lagi hingga sekarang. Jalur tersebut seolah terputus. Saat ini, lintas KA yang beroperasi penuh hanya jalur utara dari Jakarta menuju Bandung hingga Yogyakarta.

Kemenhub, kata dia saat ini melakukan pengembangan perkereta apian di Jawa Barat khususnya bagian selatan agar distribusi logistik semula melalui darat bisa beralih pada KA.

Dengan diaktifkannya kembali jalur lintas selatan, diharapkan waktu tempuh dan kemacetan di jalan raya bisa berkurang.

“Ini pemerintah merasa perlu karena Jakarta ke Sukabumi butuh 8 jam. Bogor ke Sukabumi hanya 57 km ditempuh dalam 6 jam. Harus segera meningkatkan konektivitas antara Bogor dan Sukabumi. Secara parsial sepanjang 57 km kita punya program,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here