Kemensos Tambah Kuota Aparatur Negara untuk Penyandang Disabilitas

Kemensos Tambah Kuota Aparatur Negara untuk Penyandang Disabilitas
Kemensos Tambah Kuota Aparatur Negara untuk Penyandang Disabilitas
32 Pemirsa

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya Ma’ruf Amin komit dalam memperhatikan penyandang disabilitas. Hal itu dibuktikan melalui penambahan kuota penerimaan aparatur negara bagi kaum difabel.

Kini, kesempatan penyandang disabilitas menjadi aparatur negara kian terbuka.

Menteri Sosial Juliari P Batubara megatakan, saat ini pemerintah mengalokasikan dua persen kuota penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) bagi para penyandang disabilitas.

Kuota dua persen itu dialokasikan secara merata di seluruh Kementerian dan lembaga pemerintah.

“Saya sampaikan ke teman-teman di Kemensos kalau bisa kita hire di atas dua persen,” kata Juliari usai acara Jalan Sehat bersama 1.000 penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2019 di Jakarta.

Langkah ini pun dinilai bahwa Pemerintahan Presiden Jokowi ramah terhadap kaum difabel sehingga mereka bukan lagi kelompok yang termarginalkan melainkan kelompok yang bisa berkontribusi besar dalam pembangunan negara.

Ia berharap, para penyandang disabilitas dapat menyalurkan talenta dan bakat yang mereka miliki dan berkontribusi bagi negeri.

“Mereka juga benar-benar bisa memberikan sumbangsihnya buat negara dan bangsa ini. Dan saya yakin mereka juga memiliki keinginan tinggi buat kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia mencontohkan, sejumlah pejabat eselon dua di Kementerian Sosial yang juga merupakan penyandang disabilitas yang kualitasnya sangat diakui.

“Bahkan di Kemensos itu ada pejabat eselon dua kami yang disabilitas dan kinerjanya buat bangsa luar biasa bagus,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here