Ketahui! Ini Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Orang Muslim

puasa senin kamis
32 Pemirsa

Puasa tidak hanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan saja. Ada pula puasa sunah yang dianjurkan dilakukan dengan banyak keutamaannya. Salah satunya adalah puasa senin kamis. Nah, tahukah Anda apa keutamaan puasa senin kamis ini?

Puasa senin kamis berbeda dari puasa ramadhan yang termasuk ibadah wajib. Di mana apabila seseorang berpuasa sunah senin kamis maka akan diberikan pahala. Akan tetapi jika puasa ditinggal maka ia tidak akan mendapat dosa.

Keutamaan bagi orang muslim melaksanakannya memang luar biasa. Bahkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri, puasa sunah senin kamis jarang ditinggalkan. Nah, berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa senin kamis yang perlu Anda ketahui:

  1. Surga Khusus bagi Orang yang Puasa

Yang pertama yaitu keutamaan mendapat surga khusus. Orang-orang yang rajin puasa dijanjikan akan memasuki surga khusus bernama Ar-rayyan. Yang mana hal ini telah disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Bukhori dan Muslim.

  1. Hari Dibukanya Pintu Surga

Setiap tahun Allah akan khusus membukakan pintu surga pada bulan Ramadhan. Sementara di setiap pekan, pintu surga akan dibuka pada hari Senin dan Kamis. Pada dua hari inilah dosa setiap orang akan diampuni.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim. Yang berbunyi: Dari Abu Hurrairah r.a, Rasulullah pernah bersabda “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak berbuat syirik sedikit pun akan diampuni dosa-dosanya. Kecuali seseorang yang terdapat antara dirinya dan saudaranya sebuah permusuhan…”

  1. Senin, Hari Kelahiran Rasul dan Hari Menerima Wahyu

Hari senin, 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah adalah hari kelahiran rasulullah. Karena itu, khusus hari senin disunahkan untuk berpuasa sebagai wujud penghormatan. Selain itu, senin juga merupakan hari di mana beliau menerima wahyu.

Hal itu sesuai hadits dari Abu Qotadah r.a yang menceritakan Rasulullah pernah ditanya tentang puasa hari senin. Lalu beliau menjawab “Hari itu (senin) aku dilahirkan, hari aku diutus dan hari wahyu diturunkan padaku.” (HR Muslim).

  1. Hari Diperiksanya Amalan Manusia

Hari senin dan kamis adalah waktu di mana amalan manusia selama seminggu akan diperiksa. Oleh karenanya, pada dua hari itu dianjurkan untuk berpuasa.

Hal tersebut tercantum dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi. Dari Abu Hurairah r.a Rasulullah SAW. bersabda: “Amalan-amalan dihadapkan pada hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu aku suka jika amalanku dihadapkan pada saat aku sedang berpuasa.”

  1. Amalan yang Diambil Rasul

Keutamaan puasa sunah senin kamis yang terakhir yaitu fakta bahwa puasa ini termasuk amal ibadah yang disukai rasulullah. ‘Aisyah ra berkata, “Rasulullah SAW. begitu antusias dan sungguh-sungguh dalam melakukan puasa hari senin dan kamis.” (HR. Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Itulah beberapa keutamaan puasa senin kamis yang perlu Anda ketahui. Diharapkan dengan mengetahui keutamaan-keutamaan itu, Anda bisa termotivasi. Dan lebih baik lagi bila Anda sebagai muslim tergerak untuk rajin mengamalkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here