Luhut Pandjaitan Beri Sinyal Arcandra Kembali Menjabat Menteri ESDM

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Panjaitan dan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar.
158 Pemirsa

bidikdata.com Sudirman Said dan Arcandra Tahar, dua mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sama-sama menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi ke-71 di kantor Kementerian ESDM Jakarta, hari ini (4/10/2016). Dalam acara tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan, menyinggung soal masa jabatannya.

Saat Luhut berpidato, Sudirman dan Arcandra terlihat berdiri berdampingan. Usai berpidato, Luhut memilih duduk berdampingan di sebelah kiri Arcandra. “Saya mungkin tidak terlalu lama jadi Plt Menteri ESDM. Waktu saya yang sangat singkat ini semoga bisa meninggalkan sesuatu ke saudara semua,” kata Luhut di akhir pidato.

Usai acara, Luhut juga sempat mengajak Sudirman dan Arcandra berfoto bersama-sama. Momen tersebut menarik perhatian, karena inilah pertama kalinya mereka kembali bertemu setelah serah terima jabatan Menteri ESDM dari tangan Sudirman kepada Arcandra pada 27 Juli lalu.

Namun, Arcandra hanya memangku jabatan itu selama 20 hari. Pada 15 Agustus lalu, Presiden Joko Widodo memberhentikan Arcandra karena diterpa kabar status kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) sejak tahun 2012. Kemudian, Presiden mendapuk Luhut sebagai Plt Menteri ESDM.

Kans Arcandra kembali menjabat Menteri ESDM terbuka setelah Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly, meneguhkan statusnya sebagai Warga Negara Indonesia. (KP)