Mahasiswa Harus Sosialisasikan Pancasila

Mahasiswa Harus Sosialisasikan Pancasila
10 Pemirsa

Wakil Ketua MPR, Mahyudin, mengajak mahasiswa IAIN Samarinda, Kalimantan Timur, untuk aktif mesosialisasikan ideologi kebangsaan yakni Pancasila. Sebab Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam bahkan justru sejalan.

Mahyudin meminta mahasiswa harus menerapkan Pancasila sebagai Way of Life dan menjadi generasi muda yang menerapkan Islam rahmatan lil alamin serta menghindari diri dari paham radikal.

“Justru Pancasila sejalan dengan Islam,” ucapnya saat Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika di Kalimantan Timur, Senin (18/3/2019).

IAIN, lanjut dia mengatakan harus mampu mencetak generasi muda Islam menjadi cendekiawan Muslim yang bisa ikut mensosialisasikan ideologi kebangsaan.

Dalam kehidupan yang beragam, Mahyudin mencontohkan bagaimana Nabi Muhammad membuat Perjanjian Piagam Madani. Dalam perjanjian itu, ummat Islam hidup berdampingan dengan ummat yang lain.

“Nah ini kan selaras dengan Pancasila,” ujarnya.

Belakangan kelompok radikal kerap menyuarakan jihad. Diakuinya ada orang yang belajar agama lewat internet sehingga mereka akhirnya salah arah hingga menjadi radikal dan melakukan teror.

“Tak ada cara instant masuk surga,” ucapnya.

Oleh karena itu, Mahyudin berharap IAIN menjadi salah satu benteng generasi muda dalam mengajarkan agama yang rahmatan lil alamin.

“Jangan sampai terpapar paham radikal,” jelas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here