Ma’ruf Amin Tekankan Nilai Pancasila di Sumut

0
126
Ma’ruf Amin Tekankan Nilai Pancasila di Sumut
Ma’ruf Amin Tekankan Nilai Pancasila di Sumut

Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01, Ma’ruf Amin, mengunjungi masyarakat Sumatera Utara. Dalam kunjungan itu, ia menekankan tentang bagaimana mensyukuri warisan kemerdekaan dari perjuangan para pendiri bangsa.

“Para pendiri bangsa menebus negara ini dengan darah dan air mata. Salah satu pahlawan kita adalah Raja Sisingamangaraja XII. Mari berterima kasih atas dedikasi dan pengorbanan beliau,” kata Kiai Ma’ruf, di Kota Balige, Tapanuli Utara, Jumat (5/10/2018).

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa Pancasila adalah titik temu. Menurutnya, dengan Pancasila, bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai aliran, paham, dan agama, bisa bersatu.

“Pancasila adalah rahmat bagi bangsa Indonesia,” ujarnya. Begitupun UUD 1945 yang merupakan kesepakatan para elemen bangsa dan negara.

Sehingga dengan keberadaan Pancasila dan Konsitusi UUD 1945 maka Indonesia adalah negara kesepakatan atau negara konsensus

Ia menambahkan, kerukunan bukan barang murah, tapi sebagai bangsa kita bisa menjaganya.

Apalagi lanjut dia, masyarakat Batak punya landasan paradigma yakni Dalihan Na Tolu. Dengan Dalihan Na Tolus, bangsa ini bisa kuat dan hebat karena bersatu.

Oleh karena itu, Ma’ruf mengajak semua pihak untuk menjaga warisan para pendiri bangsa ini, dengan menjaga keutuhan, kerukunan antar agama, suku, ras.

Sekedar informasi, Kiai Ma’ruf hadir bersama sang istri, Wury Estu Handayani. Mereka berziarah ditemani sejumlah kepala daerah di wilayah sekitar Danau Toba.

Disana MA’ruf menerima ulos dari warga Tanah Batak sebelum melakukan ziarah ke makam raja-raja Sisingamangaraja di Kota Balige, Tapanuli Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here