Mengenal Jenis Rayap dan Cara Paling Ampuh untuk Mengatasinya

jenis rayap
55 Pemirsa

Menggunakan jasa anti rayap sering menjadi pilihan utama ketika tiba-tiba rayap menyerang rumah Anda. Namun apakah Anda tidak ingin mencoba mengatasinya sendiri. Padahal sebenarnya mengusir rayap dari dalam rumah adalah pekerjaan yang sangat mudah.

Anda pastinya sepakat jika rayap merupakan salah satu jenis hama yang kehadirannya sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak, hama ini selalu hadir dalam satu koloni yang bisa mengancam seluruh isi rumah Anda.

Alhasil perabotan yang berbahan kayu, dokumen-dokumen, buku-buku, keberadaannya terancam karena hama ini. Nah, agar rumah terbebas dari rayap, penting untuk mengerti bagaimana cara membasminya.

Mengenal Jenis-Jenis Rayap

Sebelum mengulas lebih jauh lagi tentang bagaimana cara membasmi rayap, tidak ada salahnya untuk sekilas tahu jenis-jenis dari rayap itu sendiri. Nah, secara garis besar, rayap dikategorikan menjadi dua yaitu:

  • Subterranean Termites atau Rayap Tanah

Jenis rayap yang pertama adalah rayap tanah. Sesuai dengan namanya, habitat utamanya adalah di dalam tanah. Rayap ini akan membuat sarang di bawah tanah kemudian mengakses makanannya dari dalam tanah juga. Umumnya koloni rayap ini berjumlah besar. Selain itu penyebarannya pun terbilang sangat luas.

  • Drywood Termites atau Rayap Kayu Kering

Jenis rayap yang kedua ini seringnya ditemukan pada potongan kayu. Kemudian jumlah koloninya pun terbilang terbatas. Berbeda dengan rayap tanah, produktivitas rayap kayu kering ini terbilang kurang produktif.

Meskipun demikian, jangan pernah menyepelekan rayap kayu kering ini. Sekali merusak suatu beda di rumah Anda, kerusakan yang ditimbulkan terbilang sangat besar. Bahayanya lagi, rayap ini umumnya baru bisa terdeteksi dalam waktu lama.

Cara Praktis Membasmi Rayap di Rumah

Di pasaran mungkin sudah tersedia beragam obat pembasmi rayap yang bisa Anda manfaatkan. Namun terkadang Anda tidak cukup mengandalkan cara seperti itu saja. Nah, di bawah ini ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba maksimalkan.

  • Menurunkan Suhu Udara

Tahukah Anda jika cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengusir rayap yang ada di dalam rumah. Alasannya rayap ini termasuk jenis hewan yang sangat tidak suka dengan suhu dingin yang ekstrem. Cara ini cukup efektif untuk rumah yang ber-AC.

  • Menggunakan Air Sabun

Cara lain yang bisa Anda pilih untuk membasmi rayap adalah dengan menggunakan air sabun. Ternyata cairan sabun memiliki kemampuan untuk mengganggu aliran pernapasan dari rayap. Dengan demikian rayap pun akan mati dengan cepat.

  • Menggunakan Kapur Barus

Selain cairan sabun, ternyata kapur barus pun cukup efektif untuk dijadikan obat rayap. Hal ini berkat adanya naftalen yang terkandung di dalamnya. Zat ini sudah terbukti memiliki sifat mematikan bagi serangga kecil. Rayap adalah salah satunya.

Itulah beberapa contoh cara paling praktis untuk membasmi rayap di dalam rumah. Meskipun harus diakui jika menggunakan jasa anti rayap profesional sudah pasti secara hasil akan lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here