Menhan Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Militan ISIS Asal Indonesia

Menhan Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Militan ISIS Asal Indonesia
Menhan Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Militan ISIS Asal Indonesia
362 Pemirsa

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman terorisme, terutama ratusan militan Islamic State of Iraq Syria (ISIS) asal Indonesia yang sudah kembali ke Tanah Air.

Menhan mencatat, setidaknya terdapat 700 militan asing ISIS yang berasal dari Indonesia.

“Ancaman teroris patut diwaspadai, terutama generasi ketiga. Generasi ketiga ini mereka yang menyatakan diri ISIS, berafiliasi dengan JAD.

Ditambah sekarang Foreign Terrorist Fighter yang kembali dari Suriah dan Irak setelah ISIS terpukul, mereka kembali ke negara masing-masing di Asia. Seperti Indonesia, Filipina, dan Malaysia,” ungkapnya saat memberikan ceramah bela negara di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Senin (21/1/2019).

Ryamizard mengatakan, bahwa hal ini merupakan tanggung jawab besar untuk menjaga pertahanan negara dalam menghadapi segala ancaman. Apalagi, kata dia ancaman penyebaran paham radikal sudah masuk ke lingkungan sekolah.

“Kalau rusak pertahanan negara, rusak juga tanggungjawab saya. Makanya saya dituntut membuat pertahanan yang ampuh,” tegas dia.

Untuk itu, ia meminta kepada para ulama, tokoh agama, serta pendidik agar dapat berperan aktif dan memberikan pemahaman agama secara jelas. Sebab, modal kekuatan Indonesia adalah persatuan. Namun, Menhan mengingatkan persatuan harus dikelola dengan baik terlebih adanya ancaman yang menggerus dan merongrong ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Oleh karena itu, kata dia menegaskan Pancasila harus ditanamkan di hati sanubari rakyat Indonesia sebagai bentuk pencegahan paham radikalisme dan terorisme.

Sebuah cara pencegahan paham radikalisasi yakni melalui pendidikan. Karena itu tambah dia, bela negara harus dijalankan dari semua tingkat pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

“Radikalisme musuh manusia, musuh negara. Karena itu, harus diingatkan terus melalui pendidikan dan mimbar agama,” tegas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here