Menhan Sebut Pejuang ISIS Asal Indonesia Sebanyak 700 dari 31.500 Orang

Menhan Sebut Pejuang ISIS Asal Indonesia Sebanyak 700 dari 31.500 Orang
Menhan Sebut Pejuang ISIS Asal Indonesia Sebanyak 700 dari 31.500 Orang
270 Pemirsa

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membeberkan jumlah pejuang ISIS yang bergabung di Suriah dan Irak. Berdasarkan data intelijen, ada sekitar 31.500 pejuang ISIS asing yang bergabung.

“Berdasarkan data intelijen, ada sekitar 31.500 pejuang ISIS asing yang bergabung di Suriah dan Irak. Dari jumlah tersebut, 800 berasal dari Asia Tenggara serta 700 dari Indonesia,” kata Menhan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

Menhan menyebut, 700 orang Indonesia yang bergabung dengan ISIS adalah orang bodoh. Bahkan baru-baru ini ada sekitar 70 personel ISIS asal Indonesia yang ditangkap di Filipina.

“Kemarin kalau nggak salah ada 70 orang Indonesia yang ditangkap di Filipina,” ugkapnya dalam acara seminar Indo Defence bertajuk ‘Ensuring Regional Stability through Cooperation on Counter Terrorism’.

Menurut Ryamizard, dalam menjalankan aksinya, kelompok ISIS terus mengubah-ubah strategi agar tidak terlacak oleh pihak kepolisian. Ia mencontohkan kasus bom di Surabaya yang terjadi beberapa bulan lalu.

“Seperti yang terjadi di Indonesia kelompok ISIS gunakan modus baru dengan satu keluarga yang terjadi di Surabaya. Sekali lagi, mereka bukan Islam. Saya malu kita jadi dicurigai karena Islam. Kita harus berantas teroris itu,” tegas Menhan Ryamizard.

Seperti diketahui bahwa jumlah WNI yang bergabung di Irak dan Suriah sangat mendominasi di Asia Tenggara. Untuk itu, masyarakat diminta selalu mewaspadai setiap gerakan yang mencurigakan dilingkungan sekitar agar jangan sampai terpropaganda paham ISIS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here