Paslon Herman HN-Sutono Komitmen Pilgub Lampung Bebas Money Politics

0
290
Paslon Herman HN-Sutono Komitmen Pilgub Lampung Bebas Money Politics

Bakal Calon Gubernur Lampung Herman Hasanusi tau biasa disingkat Herman HN menghimbau seluruh pasangan calon (paslon) Pemilihan Gubernur Lampung 2018 untuk mengedepankan politik santun dalam berdemokrasi.

Komitmen ini disampaikan juru bicara tim sukses Herman HN dan Sutono, Rakhmat Husen saat berbincang akrab dengan timses paslon lainnya seusai tes kesehatan di RSUD Abdul Moeloek Bandarlampung, Jumat (12/1/2018) lalu.

“Kita tetap saling tegur sapa serta menjalin silahturahmi,” kata Rakhmat Husen.

Menurut Husen, baik Mustafa maupun Herman HN ingin menang dengan cara-cara yang benar. Menjunjung tinggi prinsip demokrasi. “Kami berkomitmen menjauhi politik uang (money politics) dan sembako. Tapi kami harap juga penyelenggara pilkada KPU dan Panwas bekerja netral dan dalam koridor Undang-Undang dan jangan berpihak,” tegasnya

Selain itu Rakhmat Husen juga menyoroti kegiatan penyebaran hoax dan ujaran kebencian terutama di media sosial. Menurutnya, jika hoax tidak bisa dicegah maka membahayakan kebhinekaan di Lampung.

“Herman HN-Sutono berkomitmen untuk tidak gunakan hoax dan ujaran kebencian dalam Pilgub Lampung 2018. Bagi Herman HN-Sutono, penggunaan hoax dan ujaran kebencian dalam Pilgub hanya akan membuat permusuhan di masyarakat,” tegasnya dalam diskusi politik Ngopi (Ngobrol Politik/Pilkada) di RJC Wayhalim, Sabtu (20/1)

Sebagai calon kepala daerah, lanjut dia, sudah seharusnya tidak berbohong apalagi sebar hoax (berita bohong). Sebagai calon gubernur sudah seharusnya memperkuat persatuan bukan menyebarkan ujaran kebencian.

Bagi Herman HN-Sutono, terus dia, ujaran kebencian dalam kampanye adalah tindak pidana yang dapat dijerat UU ITE. Sementara penyebaran hoax tidak akan membuat pemilih menjadi cerdas.

“Untuk itu, Herman HN-Sutono tegas menolak penggunaan hoax dalam kampanye Pilgub 2018, kami meminta aparat penegak hukum tegas mengusut apabila ada yg melakukan tindak pidana ujaran kebencian (terutama menggunakan isu SARA) dalam Pilgub 2018 berdasarkan UU ITE dan peraturan lain yang berlaku,” pungkasnya.

Setelah melalui jalan berliku, Herman HN resmi diusung PDIP sebagai cagub dan nama Sutono sebagai cawagub. Siapakah Herman HN dan bagiamana kiprahnya hingga akhirnya maju dalam ajang Pilgub Lampung untuk kedua kalinya?

Herman HN lahir di Menggala, 17 Mei 1956. Saat ini, Herman HN menjabat sebagai Wali Kota Bandar Lampung periode periode 2016-2021.

Ini adalah jabatan periode kedua, setelah sebelumnya Herman HN juga menduduki jabatan yang sama sebagai Wali Kota Bandar Lampung.

Sebelum jadi Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN adalah seorang birokrat tulen.

Dia meniti karier sebagai PNS hingga kemudian menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kepala Dispenda Provinsi Lampung) di kepemimpinan Gubernur Sjachroedin ZP.

Terpilih sebagai Wali Kota Bandar Lampung sejak 2010-2015, lalu maju lagi di kota yang sama dan memenangi lagi di pilkada kota kedua yang ia ikuti. Herman HN pernah mencoba peruntungan dan bertarung di Pilgub Lampung 2014.

Ia tercatat pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Lampung berpasangan dengan Zainudin Hasan yang kini menjabat Bupati Lampung Selatan.

Herman HN-Zainudin Hasan akhirnya kandas dan kalah suara dari pesaingnya, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri yang kini menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Lampung peridoe 2014-2019.

Pada pilgub 2018 ini Herman HN akan mendapat dukungan penuh dari PDIP ditandai dengan rencana turun gunung dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto guna mengkampanyekan Herman HN-Sutono yang memakai akronim Hero.

“Mudah-mudahaan ketua umum hadir saat kampanye. Selain itu ada Sekjen , ada ketua bidang pemenangan pemilu, semua akan turun ke Lampung, kalau Presiden Jokowi, tidak mungkin, karena beliau tidak bisa cuti,” kata Herman HN seusai sidak di Gedung Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandarlampung, Kamis (1/2).

Ia mengatakan, dalam Pilgub Lampung 2018, duet Hero harus menang, ini sesuai amanat dan instruksi hasil pendidikan kepala daerah PDIP yang diikutinya bersama Sutono di Depok Jawa Barat yang digelar pada (28/1) lalu.

“Kemarin kita dibekali strategi Pilgub Lampung harus menang. Ada juga pesan agar PDIP dan Presiden Jokowi 2019 harus memang. Kita wajib dukung Jokowi, dia peduli rakyat, contohnya jembatan dan tol dibangun, bandara kita juga dibangun,ini berkat presiden Jokowi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here