Payungi Quraish Shihab, Bukti Kecintaan Jokowi Kepada Ulama

397 Pemirsa

Jakarta – Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan Prof. Dr. Quraish Shihab di Pondok Pesantren Bayt Al-Quran, Tangerang Selatan. Dalam pertemuan itu terdapat beberapa momen akrab antara Jokowi dan Quraish Shihab. Dari memayungi saat hujan hingga saling bergandengan tangan.

Jokowi mengungkapkan, dalam pertemuan itu ia dan Quraish membahas sejumlah persoalan. Khususnya tentang moderasi Islam. “Alhamdulillah saya bisa berkunjung dan bertemu dengan Bapak Quraish Shihab, Prof. Nassarudin Umar di pusat studi Quran di Tangsel ini. Banyak tadi yang kita perbincangkan, tapi intinya tadi mengenai moderasi Islam. Wasatiah Islam itu yang kira-kira kita perbincangkan,” kata Jokowi.

“Islam yang moderat. Wasatiah Islam itu yang kira-kira kita perbincangkan,” lanjutnya.

Jokowi juga mengungkapkan mendapat banyak masukan dari Quraish. Ia menyebut masukan tersebut cukup banyak dan telah dicatat.

“Banyak sekali, sudah ditulis semuanya. Beliau menyampaikan apa-apa yang harus negara lakukan dalam rangka yang tadi saya lakukan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Quraish juga mengungkapkan sengaja memilih topik moderasi Islam karena mengajarkan nilai-nilai kebaikan tidak perlu menggunakan kekerasan. Sehingga harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini.

“Karena memang pusat studi Al-Quran menitikberatkan pada Islam yang moderat. Dan itu alhamdulillah disambut penuh perhatian. Jadi saya kira dunia membutuhkan moderasi, bukan membutuhkan kekerasan,” ujar Quraish.

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Mensesneg Pratikno, dan Imam Masjid Istiqlal Nassaruddin Umar. Dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Quraish Shihab berlangsung hangat dan menunjukkan Presiden Jokowi adalah pemimpin tauladan yang menghormati tokoh agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here