PDIP dan PKB Komitmen Kukuhkan Politik Nasionalis Islam

0
103
PDIP dan PKB Komitmen Kukuhkan Politik Nasionalis Islam

Sejak awal politik nasionalis Islam dan Islam nasionalis sudah terbangun antara PDI Perjuangan dan PKB. Hal tersebut dikatakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Pada pertemuan tersebut, Hasto turut membawa soto Solo ke PKB sebagai santapan untuk makan siang bersama Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar.

“Kita berdua dengan PKB berkomitmen untuk mengukuhkan politik nasionalis Islam dan Islam nasionalis sudah terbangun sejak awal,” kata Hasto. Hal ini diharapkan dapat menjadi pedoman bersama agar setiap Parpol mengedepankan sistem demokrasi dan keagamaan agar tidak terjadi pelanggaran dan penyimpangan baik dalam proses Pemilu maupun pada penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam pertemuan itu, Hasto menjelaskan, PKB adalah salah satu pemegang saham utama dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Sebab, sejak awal dimulainya Pilpres 2014, PKB juga sudah bersama Jokowi.

Terkait Pilpres 2019, pihaknya akan menyerahkan prosesnya kepada Jokowi bersama ketua-ketua umum partai pendukung presiden. “Dan tidak kalah penting adalah, mendengarkan aspirasi Jusuf Kalla sebagai wapres petahana,” ujarnya.

Hasto menjelaskan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri sedang di Jepang. Megawati menitipkan pesan kepada Cak Imin melalui Hasto agar PKB bisa ikut mendukung Djarot-Sihar di Sumut.

“Sikap PKB sangat penting karena saat ini pasangan JR Saragih-Ance Selian yang diusung PKB bersama Demokrat dan PKPI sudah gugur dari bursa,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak juga membahas soal konsolidasi pemenangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Hasto berharap, PKB dapat ikut mengawal Pilkada Jawa Timur. Di mana PDIP dan PKB adalah pengusung Gus Ipul – Puti Guntur Soekarno. Kekuatan dua partai ini bertambah dengan kehadiran PKS dan Gerindra. “PDI Perjuangan berharap kedua partai bisa bersama-sama di kedua wilayah tersebut,” kata Hasto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here