Pemerintah Antisipasi Munculnya Opini Negatif soal Papua Jelang HUT OPM

Pemerintah Antisipasi Munculnya Opini Negatif soal Papua Jelang HUT OPM
Pemerintah Antisipasi Munculnya Opini Negatif soal Papua Jelang HUT OPM
237 Pemirsa

Jelang perayaan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019, Pemerintah sudah mempersiapkan segala upaya untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Pemerintah bakal mengantisipasi dari sisi keamanan hingga munculnya opini yang tidak-tidak tentang Papua.

“Ya itu juga jadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya, segi keamanan sudah standar, segi politis itu kadang-kadang bangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya tidak ada,” kata Menko Polhukam, Mahfud Md, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Mahfud menegaskan, Pemerintah tidak segan-segan memberikan tindakan bagi para perusuh. Namun, ia mengatakan, pendekatan keamanan yang dilakukan aparat akan sesuai standard operation procedure (SOP).

“Semua kita antisipasi, semua sudah ada SOP (standar operasional prosedur) nya , dan yang setiap pelanggaran SOP akan ditindak meskipun dilakukan oleh internal aparat,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya tidak ingin membeberkan secara jelas langkah-langkah yang dilakukan oleh aparat untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dan opini provokatif tentang Papua yang berpotensi mengganggu Kamtibmas jelang HUT OPM.

“Tentu rahasia yah, kalau langkah per langkah diberikan ke pers kan tidak boleh,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here