Peresmian Jembatan Holtekamp dan Tonggak Persatuan Seluruh Pemuda Nusantara

448 Pemirsa

Jayapura – Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Youtefa atau dikenal juga dengan nama Jembatan Holtekamp di Papua, Senin (28/10/2019). Peresmian jembatan itu bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Presiden Jokowi ditemani Ibu Negara Irian Joko Widodo, Gubernur Papua Lukas Enemb, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan sejumlah tokoh masyarakat Papua.

Presiden mengaku bangga bisa meresmikan jembatan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sebab, Sumpah Pemuda menjadi tonggak bersejarah bagi persatuan seluruh pemuda di Nusantara.

Jembatan Youtefa, kata Jokowi, tidak hanya menjadi simbol persatuan sebagai bangsa, tetapi juga tanda kemajuan Papua. Presiden menegaskan, Papua harus maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia. “Papua itu adalah surga kecil yang jatuh ke Bumi. Itu yang saya lihat setiap saya berkunjung ke Papua,” ujar Jokowi.

Jembatan Youtefa membentang 1.328 meter di atas Teluk Youtefa, yang menyambungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Jembatan ini sebelumnya akan diresmikan pada September lalu.

Dengan melewati jembatan ini, perjalanan dari Jayapura ke perbatasan di wilayah Skouw terpangkas dari 3,5 jam jadi cuma setengah jam.

Jokowi mengajak ke seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat dan memajukan tanah Papua.

“Saya ingin memastikan sendiri di tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia yang kita cintai ini,” ujar Jokowi.

Sementara Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) John Wempi Wetipo memastikan hal itu saat meninjau jembatan yang melintang di atas Teluk Youtefa, Jayapura, Papua.

Menurut Wempi, diresmikannya Jembatan Holtekamp merupakan bentuk komitmen Presiden Jokowi dalam membangun infrastruktur di Papua.

“Jadi tidak ada Pak Presiden membangun Papua setengah hati. Tidak begitu. Apalagi saya sebagai putra Papua yang diberikan kepercayaan menjadi Wamen PUPR, ini bukti komitmen Pak Presiden,” kata Wempi

Rekor MURI

Jembatan Holtekamp merupakan pembangunan jembatan pertama dengan plengkung dibuat utuh di tempat lain kemudian dibawa ke lokasi.

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan 2 rekor pada proyek pembangunan Jembatan Holtekamp yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here