Pertimbangan Ketika Ingin Menentukan Mau Kuliah Di Mana

34 Pemirsa

Kebanyakan orang akan memikirkan berapa biaya yang harus mereka siapkan untuk bisa masuk kuliah. Begitu juga estimasi biaya hingga masa kuliah berakhir. Dan pertimbangan semacam ini sangat masuk akal ketika Anda ingin menentukan mau kuliah di universitas dan jurusan apa.

Namun, apakah hanya biaya saja yang jadi faktor yang harus dipertimbangkan? Jika masalah biaya, mungkin akan banyak sekali orang yang harus mengurungkan niatnya untuk kuliah. Karena sudah pasti biaya kuliah itu mahal. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi juga panjang. Dan itu artinya biaya yang dibutuhkan semakin banyak.

Sebenarnya, biaya ini tidak lagi menjadi masalah besar jika Anda mau mempertimbangkan yang lain. “Kok bisa?” Tentu saja bisa. Untuk lebih jelasnya, coba Anda juga mempertimbangkan 3 hal berikut ini:

  • Lokasi Kampus

Tahukah Anda mana biaya yang paling berat saat kuliah? Apakah biaya semesteran? Ternyata tidak. Yang paling berat adalah biaya hidup. Apalagi jika Anda harus tinggal di kos. Anda harus bayar kos, makan sendiri, dan lain sebagainya. Inilah yang berat.

Biaya hidup itu tidak bisa diprediksi. Terkadang bisa ditekan. Terkadang juga membengkak. Berbeda dengan biaya kuliah yang sudah pasti. Biaya semesteran sudah ditetapkan oleh pihak kampus di mana Anda bisa memprediksi dari awal apakah Anda mampu atau tidak membayar biaya tersebut.

Di bandingkan dengan biaya hidup, ada biaya kuliah jurusan tertentu yang jauh lebih murah lho. Dan inilah yang sebenarnya harus dipertimbangkan.

Makanya, jika ingin lebih hemat, sebaiknya Anda cari universitas di kota di mana Anda tinggal. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya kos. Anda bisa tinggal dan makan di rumah bersama orang tua.

  • Jurusan

Memang benar biaya kuliah jurusan tertentu itu murah. Lebih murah daripada biaya untuk kos dan makan. Namun, ada juga lho jurusan yang mahal. Terutama jurusan yang membutuhkan biaya praktik seperti bidan dan perawat.

Untuk itu, saat Anda memilih jurusan, lihat juga biaya-biaya tambahan selain biaya semesteran. Ini biaya yang tak terduga yang terkadang menguras isi kantong lho.

  • Peluang Beasiswa

Jika terkendala dengan biaya kuliah, bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkan studi di universitas. Masih ada peluang kok. Misalnya saja beasiswa. Ada banyak sekali beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, kampus, ataupun swasta. Anda hanya perlu sedikit mengeluarkan inisiatif dan keberanian untuk mencari jalur beasiswa yang ada.

Misalnya saja beasiswa dari universitas AMIKOM Purwokerto. Ini universitas yang menawarkan beasiswa hingga 200 juta, tapi ingat yah untuk beasiswa tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa baru yang melakukan pendaftaran hingga 12 mei 2021.

Dan jurusan yang ditawarkan juga bukan jurusan yang remeh, melainkan jurusan yang banyak orang cari. Seperti contoh jurusan komunikasi, Teknik informasi, serta bisnis digital. Jadi, jika Anda punya keinginan untuk kuliah, jangan pernah kubur mimpi itu kalau terkendala masalah biaya. Selalu ada solusi dari setiap masalah yang Anda hadapi.

BAGIKAN
Berita sebelumyaLakukan Tips Ini Agar Nail Art Rapi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here