Pertumbuhan Ekonomi 2021 Akan Mencapai 5,8%

pertumbuhan ekonomi 2021
137 Pemirsa

Repost – Sumber : KONTAN.CO.ID Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Kontan.co.id – Jakarta. Bank Indonesia (BI) optimis bahwa pertumbuhan ekonomi 2021 akan dapat meroket dalam kisaran 4,80% yoy menjadi 5,8% yoy.

“Pertumbuhan ekonomi meningkat di seluruh wilayah, juga didukung oleh peningkatan ekspor dan peningkatan ekonomi global, juga konsumsi rumah tangga,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (3/12) pada pertemuan Tahunan BI 2020.

Perry juga menambahkan, peningkatan konsumsi rumah tangga memang merupakan kabar baik. Karena konsumsi rumah tangga adalah motor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Peningkatan konsumsi rumah tangga sejalan dengan stimulus pengeluaran sosial yang diluncurkan oleh pemerintah melalui program jaring keselamatan sosial dalam program pemulihan ekonomi nasional (pena).

Selain itu, peningkatan pertumbuhan ekonomi juga didorong oleh investasi dengan rangsangan pengeluaran modal, investasi swasta dengan rangsangan dari karya penciptaan kerja, dan akan meningkatkan mobilitas manusia, dan kesiapan vaksinasi tahun depan.

Sementara itu, secara keseluruhan 2020 BI ini memperkirakan bahwa ekonomi Indonesia masih akan berada di zona negatif, yang berada dalam kisaran minus 2,0% yoy ke minus 1,0% yoy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here