Perusahaan Korea Butuh Ribuan Tenaga Terampil

Perusahaan Korea Butuh Ribuan Tenaga Terampil
76 Pemirsa

Salah satu perusahaan besar di Korea saat ini tengah berekspansi besar-besaran di Indonesia. Lotte Chemical Corporation, menggelontorkan investasi dengan membangun pabrik petrokimia, bernilai 3.5 milyar USD.

Positifnya, kini perusahaan tersebut membutuhkan setidaknya 1.000 sarjana kimia dari Indonesia.

Selain itu, Industrial Bank of Korea (IBK) juga menyatakan tengah membutuhkan tenaga kerja Indonesia untuk menduduki jabatan manajerial, serta staff tingkat menengah dan tinggi di berbagai bidang di perusahaan yang akan berekspansi di Indonesia pertengahan tahun ini dengan mengakuisisi Bank Agris dan Bank Mitraniaga. IBK membuka peluang pekerjaan kepada orang Indonesia yang secara khusus menempuh pendidikan ataupun tinggal di Korea.

Selain Lotte Chemical Corporation dan IBK, perusahaan lain seperti OCI (industri kimia dan energi), CJ Logistic, dan LG International juga turut terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul yang berjudul “Introduction Session to Job Opportunity”, Jumat, 17 Mei 2019.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, saat membuka program ini menyampaikan harapannya agar perusahaan maupun peserta mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

“Keduanya mempunyai ketertarikan yang sejalan. Para perusahaan tersebut dapat memperoleh tenaga kerja handal yang sudah memahami bahasa, budaya, kebiasaan dan etos kerja Korea sekaligus memahami pasar Indonesia,” ujar Dubes.

Hal senada juga diungkap Ketua Perpika, Rian Mahardhika yang datang sekaligus sebagai peserta. “Ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa Indonesia maupun perusahaan Korea yang akan berekspansi di Indonesia untuk mendapatkan tenaga kerja terbaik,” kata dia.

Rian meyakini, perusahaan Korea tak akan menyesal merekrut mereka. Ia berharap hubungan baik ini akan terus ditingkatkan.

Banyaknya kebutuhan tenaga kerja Indonesia oleh perusahaan Korea menunjukkan investasi membawa dampak positif bagi perekonomian nasional dan mengurangi angka pengangguran, untuk itu upaya Pemerintah mendatangkan investasi ke dalam negeri adalah langkah strategis dan mahasiswa ataupun pekerja Indonesia harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here