PLN Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Tingkatkan Elektrifikasi Papua

PLN Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Tingkatkan Elektrifikasi Papua
PLN Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Tingkatkan Elektrifikasi Papua
168 Pemirsa

Penuhi kebutuhan listrik masyarakat Papua dan Papua Barat, PT Perusahaan Listrik Negara menjalin kerja sama dengan lima perguruan tinggi.

Ekspedisi Papua Terang ini diikuti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Cenderawasih, LAPAN, dan TNI AD.

Peningkatan itu dilakukan melalui melalui program 1.000 renewable energy for Papua.

“Kerja sama ini sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Ekspedisi Papua Terang (EPT) di tahun 2018 untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua yang juga diikuti lima perguruan tinggi tersebut,” kata Direktur Human Capital Management (HCM) PLN, Muhamad Ali di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Muhamad Ali menyadari bahwa upaya melistriki “Bumi Cendrawasih” tersebut tidak mudah dilakukan, mengingat sampai bulan Juli 2019 rasio elektrifikasi Provinsi Papua adalah 48,5% dan Papua Barat 91,22%.

Dengan demikian desa yang sudah dialiri listrik sebanyak 7.358 (sesuai Permendagri No. 137/2017). Ini artinya masih ada sekitar 1.724 desa yang belum tersentuh aliran listrik.

Kerjasama PLN dan perguruan tinggi bagian dari bentuk nyata perhatian Pemerintah untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here