Polda Papua Tangkap Ketua KNPB Dalang Kerusuhan di Jayapura

Polda Papua Tangkap Ketua KNPB Dalang Kerusuhan di Jayapura
Polda Papua Tangkap Ketua KNPB Dalang Kerusuhan di Jayapura
143 Pemirsa

Perjalanan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay akhirnya terhenti setelah Polda Papua menangkapnya dengan motor hasil curian.

Agus Kossay sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kerusuhan di Japura pada 29 Agustus lalu dan menjadi daftar pencarian orang (DPO) oleh kepolisian.

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja, Agus Kosay ditangkap pada Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 18.00 WIT.

Selain mengamankan Agus Kossay, tim gabungan lanjut Rudolf juga menangkap Dony Itlay yang merupakan anggota KNPB dan yang membawa kendaraan roda dua tersebut.

Sama dari anggota KNPB juga, dia terlibat dalam aksi-aksi yang kemarin,” ucap Rudolf.

Karena dia adalah DPO, kemudian mereka menggunakan sepeda motor hasil curian,” imbuhnya.

Rudolf menambahkan proses penegakan hukum kasus kerusuhan Jayapura, akan terus berkembang meski Ketua KNPB sudah ditangkap.

Akan mengembangkan terus, jadi yang melakukan kemarin (kerusuhan) harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, siapa pun dia,” tegas dia.

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan bahwa ada sejumlah organisasi yang melatarbelakangi kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Dua di antaranya adalah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

ULMWP dan KNPB bertanggung jawab atas kejadian ini. Mereka yang produksi hoaks itu,” ungkap Tito saat berkunjung ke Jayapura, Papua, Kamis (5/9/2019).

Oleh karena itu masyarkat diharapkan tetap mendukung langkah Polda Papua untuk memproses hukum para provokator dan kelompok separatis sebab NKRI harga mati yang tidak boleh diganggu oleh siapapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here