Polisi Temukan Bahan Peledak di Wilayah Tangsel Lainnya

78 Pemirsa

bidikdata.com| Terduga teroris yang ditangkap di Tangerang Selatan, Adam Noor Syam, diketahui mengontrak sebuah rumah di Mekar Jaya, Serpong, Tangsel. Saat menggeledah rumah kosong pada Rabu (21/12/2016) malam, petugas menemukan bahan-bahan untuk merakit bom di rumah tersebut.

“Di Mekar Jaya ditemukan bahan yang dipasok untuk ditaruh di tempat kedua (rumah kontrakan lainnya),” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul, hari ini (22/11/2016).

Adam diketahui telah mengontrak rumah di Mekar Jaya selama tiga hingga empat bulan. Sedangkan rumah di Kecamatan Setu, baru dihuni Adam dan tiga rekannya selama sepekan. Di rumah itulah, polisi menggerebek tiga terduga teroris yang akhirnya tewas ditembak karena melawan.

Di rumah tersebut, polisi menemukan bahan peledak dan enam rangkaian bom aktif.

“Mereka memang berpindah-pindah untuk mengelabui orang-orang sekitarnya,” kata Martinus. Ia pun mengimbau masyarakat mewaspadai gejala keberadaan kelompok teroris di lingkungan tempat tinggal.

Menurut dia, cara kelompok teroris menyusup di masyarakat kebanyakan dengan tidak menonjolkan diri di masyarakat. Mereka terlihat tertutup dari lingkungan dan jarang bersosialisasi. Indikasi tersebut terbukti dalam kasus penangkapan di Tangsel.

“Mereka di dalam rumah menutup sekali kegiatan mereka. Tidak ingin diketahui aktivitas mereka,” kata dia.

Di samping itu, biasanya terduga teroris tidak memiliki pekerjaan tetap. Adam diketahui sebagai pengemudi ojek online. Irawan, terduga teroris, yang tewas dalam penggerebekan bekerja sebagai sopir di perusahaan air mineral di Tasikmalaya.

Sedangkan Helmi yang juga tewas merupakan penjual bubur. Sementara itu, satu lagi terduga teroris yang tewas, Omen, merupakan mantan terpidana kasus pembunuhan. (KP)