Polri Selidiki Akun Medsos Propaganda KKB Papua

Polri Selidiki Akun Medsos Propaganda KKB Papua
Polri Selidiki Akun Medsos Propaganda KKB Papua
154 Pemirsa

Mabes Polri menyatakan tengah mendata akun media sosial milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang digunakan untuk melakukan propaganda kepada masyarakat agar mendukung gerakan kelompok tersebut.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan saat ini KKB menyiarkan kabar hoaks atau berita bohong ke dunia internasional melalui akun YouTube, Facebook, dan Twitter, khususnya terkait kondisi di Papua dan perlakuan pemerintah terhadap masyarakat Papua.

“KKB ini mulai menggunakan media sosial Youtube, Facebook dan Twitter untuk melakukan agitasi dan propaganda.

Tetapi paling banyak propaganda ini dilakukan di akun media sosial Facebook. Sampai saat ini, total sudah 20 akun yang kita takedown,” ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018).

“Berita-berita yang tidak benar atau kejadian-kejadian lama diunduh kembali dan dibuat narasi lagi. Sama seperti penyebaran berita hoaks,” tambahnya.

Diakuinya, Polri tidak sendiri dalam menangani akun-akun tersebut. Dedi mengatakan pihaknya bekerja sama dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini memastikan bahwa Korps Bhayangkara tidak akan berhenti memburu semua anggota KKB.

“Kami tidak akan menyerah. Kami akan kejar terus untuk menangkap KKB itu dan memproses hukum mereka sesuai undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Untuk diharapkan kepada masyarakat khususnya warga Papua agar tidak terprovokasi oleh penyebaran berita hoaks yang masif dilakukan KKB saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here