Polri Tingkatkan Keamamanan Jelang HUT OPM

Polri Tingkatkan Keamamanan Jelang HUT OPM
Polri Tingkatkan Keamamanan Jelang HUT OPM
19.388 Pemirsa

JAKARTA – Polri menyatakan menyiapkan pengamanan menjelang adanya perayaan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang jatuh pada 1 Desember mendatang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengungkapkan, peningkatan pengamanan aparat itu dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi dan pencegahan.

“Ya kami siapkan pengamanan dengan,” kata Argo saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Argo menuturkan, peningkatan pengamanan tersebut dilakukan dengan cara yang sebagaimana mestinya. “Mengedepankan soft power,” ujar Argo.

Disisi lain, pengamanan tersebut nantinya akan dibantu dengan lembaga sinergitas Polri. Yakni, TNI dan perangkat cadangan Pemerintah Daerah (Pemda)

“Melibatkan Polri, TNI dan, Pemda,” ucap mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut.

Diwartakan sebelumnya, pemerintah mengantisipasi aspek politik dan keamanan di balik penyelenggaraan HUT OPM pada 1 Desember 2019 mendatang. Aspek politik yang dimaksud yakni adanya penggiringin opini miring soal Papua.

“Itu juga menjadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya. Kalau segi keamanannya sebenarnya sih sudah standar yang dilakukan tapi kalau segi politis itu kadangkala membangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya di lapangan tidak ada,” kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here