Presiden akan Lantik Ketua BPIP

Jokowi Minta Tak Ada Ego Sektoral dalam Penyusunan "Omnibus Law”
31 Pemirsa

Jakarta – Presiden Joko Widodo dijadwalkan hari Rabu (5/2/2020) pukul 15.00 melantik Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang baru untuk menggantikan Yudi Latief yang mundur sejak tahun lalu. Kepala BPIP yang baru adalah Profesor Yudian Wahyudi Asmin, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, yang dinilai berani mengeluarkan kebijakan melarang dan membina mahasiswi-mahasiswinya menggunakan cadar saat berkuliah.

Pelantikan akan dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, sepulangnya dari kunjungan kerja ke Bengkulu pada Rabu pagi ini. Selain Yudian Wahyu yang dilantik menjadi Kepala BPIP, Presiden Jokowi juga akan melantik Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang baru, Muhammad Yusuf Ateh, menggantikan Kepala BPKP yang memasuki masa pensiun, Ardan Adiperdana.

Prof Yudian orangnya berani, dia pernah melarang mahasiswinya bercadar dan membinanya di kampusnya. Pokoknya, orangnya Pancasilais banget. Tepat kalau dia yang ditunjuk menggantikan Pak Hariyono, Pelaksana Tugas Kepala BPIP sekarang ini.

Yusuf Ateh sebelumnya pernah menjabat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Terakhir ia mengikuti seleksi sebagai calon pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tetapi tidak terpilih.

Orangnya berani

”Prof Yudian orangnya berani, dia pernah melarang mahasiswinya bercadar dan membinanya di kampusnya. Pokoknya, orangnya Pancasilais banget. Tepat kalau dia yang ditunjuk menggantikan Pak Hariyono, Pelaksana Tugas Kepala BPIP sekarang ini,” kata seorang pejabat di lingkungan Istana Kepresidenan, Rabu pagi.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang dikonfirmasi Kompas membenarkan. ”Pelantikannya rencananya siang nanti. Presiden cari orang-orang terbaik untuk mengisi kekosongan jabatan di pemerintahan,” ujarnya.(KCM/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here