Presiden Jokowi Bagikan 2.000 Sertifikat Tanah di Manado

Presiden Jokowi Bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Bagikan Dua Ribu Sertifikat Tanah di Manado
Presiden Jokowi Bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Bagikan Dua Ribu Sertifikat Tanah di Manado
205 Pemirsa

Presiden Joko Widodo membagikan 2.000 sertifikat tanah kepada warga di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/7/2019).

Sebanyak 2.000 sertifikat tanah itu dibagikan kepada masyarakat dari 11 kabupaten/kota yaitu Manado (70 sertifikat), Bitung (50), Tomohon (150), Minahasa Utara (500), Minahasa (130), Minahasa Tenggara (150), Minahasa Selatan (300), Bolaang Mongondow (300), Bolaang Mongondow Utara (50), Bolaang Mongondow Timur (200) dan kota Kotamobagu (100).

Pembagian sertifikat tanah merupakan bukti Pemerintah tetap memperhatikan keadilan sosial dan ekonomi masyarakat serta kepastian hukum atas tanah.

Jokowi mengatakan, seharusnya 126 juta sertifikat dibagikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Namun ditahun 2015 baru 46 juta sertifikat yang disalurkan.

“Jadi masih ada 80 juta tanah yang belum ada sertifikat untuk 80 juta bidang,” kata Jokowi di Gedung Graha Bumi Beringin, Jln. Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat terus mendukung pemerintah agar ditahun 2020 nanti, 80 juta sertifikat tersebut, sudah tersalurkan semua.

“Kalau dulu, sertifikat yang keluar setahun sebanyak 500 ribu sertifikat. Jadi kalau mau mencapai 80 juta sertifikat itu dalam jangka waktu 160 tahun,” ujarnya.

Jokowi juga menyampaiakan bahwa sertifikat adalah tanda bukti hak atas tanah yang dimiliki masyarakat, karenanya harus dijaga baik-baik.

“Buat masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tanah, harap disimpan baik-baik. Jika perlu di copy dan disimpan di dua lemari. Lemari satu copyannya, lemari satu aslinya,” kata Jokowi.

Terakhir Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat bijak menggunakan sertifikat seperti untuk modal usaha, kerja atau investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here