Presiden Jokowi Berpesan Agar Pelajar NU Tak Sebarkan Hoaks

Presiden Jokowi Berpesan Agar Pelajar NU Tak Sebarkan Hoaks
104 Pemirsa

Bidikdata – Merespons perubahan global sekarang ini, Indonesia membutuhkan manusia unggul, cerdas, inovatif, dan cinta tanah air demi mempercepat kemajuan bangsa. Bukan malah terjebak jadi ahli hoaks.

Hal penting inilah yang selalu diingatkan Presiden Joko Widodo ketika berkunjung di manapun di belahan Tanah Air ini.

Saat mengahdiri pembukaan XIX Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Kongres XVIII Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (21/12/2018), Presiden Jokowi meminta para pelajar Nahdlatul Ulama menyikapi perkembangan teknologi dengan tepat.

“Respons bijak sehingga lebih banyak maslahat. Jangan sampai pelajar NU malah terjebak jadi ahli hoaks,” kata Jokowi.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, para Pelajar NU harus ahli robotik, mengerti internet of things, serta mengerti Virtual Reality untuk merespons perubahan global sekarang ini.

Terkait hoaks yang masif beredar baik di dunia maya maupun di masyarakat, Jokowi kembali mengungkit isu hoaks terkait keterlibatannya dengan Partai Komunisme Indonesia sebagai contoh mudahnya kabar bohong ditemukan di media sosial.

Sebelumnya, Jokowi telah sering mengklarifikasi hal itu tetapi isu PKI tetap menyerang dirinya. Salah satunya adalah gambar dirinya berada di bawah panggung ketika Ketua Umum PKI D.N Aidit berpidato pada 1955.

“Lahir saja belum tapi sudah dipasang gambar ini. Itu kejamnya media sosial kalau dipakai untuk kepentingan politik sesaat, tidak mendidik dan tidak mencerdaskan rakyat,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, saat itu PKI bubar 1965-1966, sementara Jokowi lahir pada tahun  1961. “Saya baru empat tahun, masih balita tapi sudah ditunjuk PKI. Logika enggak masuk tapi 9 juta lebih percaya itu. Kan bahaya,” ucapnya.

Terakhir Jokowi juga mengajak pelajar NU agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah tahun politik. Sebab, keberagaman masyarakat Indonesia merupakan berkat Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here