Presiden Jokowi Membagikan 3.000 Sertifikat di Gresik

Presiden Jokowi Membagikan Tiga Ribu Sertifikat di Gresik
Presiden Jokowi Membagikan Tiga Ribu Sertifikat di Gresik
139 Pemirsa

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Timur untuk membagikan 3000 sertifikat tanah kepada masyarakat Gresik.

Didampingi Ibu Negara, Iriana, Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 07.45 WIB.

Setibanya di Greseik Jokowi berpesan kepada masyarakat agar jangan asal menggadaikan sertifikat tanah di bank untuk agunan peminjaman.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap kepada warga Gresik untuk berhati hati karena telah memegang sertifikat tanah ketika menggadaikannya ke bank. Pasalnya, jika tidak menghitung berdasarkan kemampuan serta jumlah dana yang pinjam di bank. Karena sertifikat tanah yang telah diserahkan bisa hilang karena tidak bisa membayar di bank.

“Kalau hitungannya antara yang dipinjam dan kemampuan membayar tidak masuk akal. Lebih baik jangan pinjam ke bank,” ujarnya di sela-sela penyerahan sertifikat untuk rakyat di SOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kamis (20/06/2019).

Dihadapan ribuan masyarakat Gresik, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan sebanyak 126 juta sertifikat tanah sudah di bagikan kemasyarakat pada tahun 2015. Tetapi, di tahun tersebut baru 46 juta bidang tanah yang bersertifikat. Sementara 80 juta tanah yang belum bersertifikat.

“Dulu pemerintah hanya mampu mengeluarkan tanah yang bersertifikat 500 ribu bidang. Kalau kekurangannya 80 juta bidang tanah maka masyarakat akan menunggu bertahun-tahun. Jadi masyarakat Gresik yang memperoleh sertifikat tanah melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) sangat beruntung,” kata Presiden.

Pembagian sertifikat tanah di Gresik sekaligus menunjukkan Pemerintah terus berupaya mencapai target pembagian sertifikat tanah gratis dalam rangka memenuhi keadilan atas penguasaan tanah oleh rakyat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here