Prestasi Jokowi, Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP

0
51
Prestasi Jokowi, Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP
Prestasi Jokowi, Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP

Kerja nyata Presiden Joko Widodo kembali ditunjukkan. Indonesia siap menggelar MotoGP 2021. Sebuah pencapaian gemilang yang membanggakan bangsa di mata dunia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor, Senin (11/3/2019). Jokowi menjelaskan, Dorna selaku promotor MotoGP berkunjung untuk menanyakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah. Jokowi pun memastikan Indonesia sudah siap.

“Ini tadi hanya Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Dan saya sampaikan kita siap,” kata Jokowi. Jokowi lalu membandingkan penyelenggaraan MotoGP dengan Asian Games 2018.

Tahun lalu, Indonesia menjadi tuan tumah Asian Games 2018 yang mendatangkan belasan ribuan kontingen dari 45 negara.

“Asian Games yang mendatangkan banyak atlet saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimis. harus optimis,” kata dia.

Sementara soal infrastruktur untuk ajang MotoGP, Jokowi meminta wartawan menanyakan hal itu kepada direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer. “Nanti tanya ke pak dirut,” kata Jokowi.

Dorna secara resmi telah mengumumkan proyek besar untuk membuat MotoGP di Indonesia pada konferensi pers, Sabtu (9/3/2019). Pada saat konferensi pers ini diperlihatkan secara resmi seperti apa bentuk sirkuit di Mandalika, Lombok yang dikatakan sebagai sirkuit jalanan tersebut.

Consulting Managing Director, Mark Hughes, yang menjadi konsultan pembangunan sirkuit tersebut, menjelaskan, awal mulanya memang sempat ada kekhawatiran mengenai ide menjadikan jalan raya sebagai sirkuit ini. Namun ia meyakini desain sirkuit yang akan dikerjakan akan memenuhi standar keamanan dari FIM dan juga dapat digunakan sebagai jalan biasa di area pariwisata tersebut.

“Jadi bisa jadi jalanan umum dan akses ke resor sekitar. Treknya 4,3 kilometer dengan 19 tikungan. Ada 50.000 tempat untuk pengunjung menonton balapan ini. Cocok untuk Indonesia yang memiliki basis penggemar MotoGP terbesar,” ucap Mark.

Mark menjelaskan desain dari pit untuk balapan juga dibuat unik. Pada saat tidak digunakan dapat menjadi gedung pertemuan serba guna atau pusat perbelanjaan. Total, arena sirkuit tersebut dapat menarik lebih dari 100.000 penonton yang tertarik dengan balapan roda dua tersebut.

“Selain untuk MotoGP juga sedang dipikirkan beberapa kemungkinan sirkuit ini dapat dipakai kejuaraan lain. Namun MotoGP jadi yang paling utama,” ucap Mark.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here