Rumah DP Rp 0 Masih Bermasalah Di DKI Jakarta Sudirman Said Malah Kampanyekan Di Jawa Tengah

50 Pemirsa

Bidikdata – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menegaskan program perumahan DP 0 persen sangat mungkin diadopsi di Jawa Tengah. Sebab, Jawa Tengah lebih potensial dibandingkan Jakarta dari sisi lahan.

“Rumah DP 0 persen sangat mungkin dilakukan di Jawa Tengah,” tandas dia, Minggu, 25 Maret 2018.

Sandiaga mengaku telah membahas hal tersebut dengan calon Gubernur Jateng Sudirman Said dan timnya. Programnya bersama Anies Basweda di Jakarta bisa diterapkan di Jawa Tengah.

“Inovasinya kan di pembiayaan. Kalau misalnya dikemas kebijakannya dengan baik, saya rasa bisa membantu masyarakat Jateng mendapat akses perumahan murah,” beber Sandi.

Program rumah DP 0 persen di Jakarta menuai animo tinggi  masyarakat. Hanya saja, kemampuan birokrasi untuk menyerap ide rumah DP 0 persen perlu dipercepat.

“April depan diluncurkan beleid dari kebijakan ini. Sehingga kebijakan dapat dihadirkan untuk memenuhi sekitar 300 ribu kebutuhan rumah terjangkau DP 0 persen bagi masyarakat Jakarta,” terangnya.

Ternyata program DP Rp 0 masih juga akan dipaksakan di Jawa Tengah oleh Sudirman Said tanpa memperdulikan kebutuhan dan aspirasi sebenarnya masyarakat Jawa Tengah secara umum.

Padahal Di DKI Jakarta Sendiri permasalahan Rumah DP Rp 0 tersebut masih menemukan banyak kejanggalan dan benturan dengan aturan perundang-undangan.

Misalnya aturan Bank Indonesia yang melarang kredit tanpa uang muka sama sekali. Sehingga instrumen pembiayaan program rumah DP nol rupiah tersebut sebenarnya masih menemui hambatan.

Selain itu jangkauan rumah DP 0 rupiah ternyata tidak dapat diakses oleh masyarakat dengan penghasilan UMR akibat tingginya biaya cicilan yang harus ditanggung untuk melunasi cicilan per bulan rumah tanpa uang muka tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here