Rusmadi-Safaruddin Unggul dalam Survei LSI

228 Pemirsa

Bidikdata – Samarinda- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA mengunggulkan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Rusmadi-Safaruddin pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kaltim 2018.

Peneliti bagian strategi LSI Denny JA, Mohammad Fadli kepada awak media di Samarinda, Rabu, menjelaskan bahwa berdasarkan data survei yang dilakukan lembaganya pada bulan Juni 2018 ini, mencatat pasangan nomor urut empat Rusmadi-Safaruddin unggul dalam elektabilitas dibandingkan tiga cagub-cawagub lainnya.

“Survei ini ilmiah dan bisa jadi prediksi. Hasil ini riil. Dan kalau tinggal satu minggu lagi, sulit berubah hasilnya,” kata Mohammad Fadli, di ruang Queenmarry Hotel Aston Samarinda, Rabu.

Oleh sebab itu, Fadli menyakini bahwa Rusmadi-Safaruddin diprediksi mendulang suara terbanyak pada saat pencoblosan 27 Juni 2018.

Ia menjelaskan, suvei yang dilakukan berdasarkan “multistage random sampling” dengan jumlah 600 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

“`Margin eror` survei dari 600 responden sekitar 4,1 persen,” imbuh Fadli.

Berdasarkan data survei empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim 2018 yang dilakukan secara tertutup, responden menjawab calon yang paling pantas didukung menjadi cagub dan cawagub.

“Kalau dari hasil elektabilitasnya, siapa yang dipilih atau tingkat keterpilihan paling unggul pasangan Rusmadi-Safaruddin dengan jumlah 24,5? persentase,” tutur Fadli.

Posisi kedua, lanjut dia, Isran-Hadi berada dengan raihan 22,3 persen disusul elektabilitas pasangan calon Jaang-Ferdi hanya 20,9 persen dan Sofyan-Rizal diurutan buncit 20,7 persen.

Faktor lainnya, kata Fadli, bahwa Rusmadi-Safaruddin unggul karena mampu menyelesaikan masalah, berkepribadian baik, komitmen dan jujur dan programnya lebih disukai masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here